Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Kecemasan dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Universitas Islam Bandung

Show simple item record

dc.contributor Psikologi
dc.contributor Suci Nugraha, Universitas Islam Bandung
dc.creator Fatmahendra, Ilmiyanti
dc.creator Nugraha, Suci
dc.date 2018-08-06
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:38:04Z
dc.date.available 2019-09-10T02:38:04Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11635
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21523
dc.description Abstrak. The results of research by Sutjipto (2012) found a significant positive correlation between academic procrastination with anxiety but, according to experimental research by Xu, et al (2016) anxiety motivates students to increase efforts to achieve goals and reduce procrastination. The results of research that have not been consistent attract the attention of researchers to conduct research on anxiety and academic procrastination. Measurement of samples using Isaac and Michael Techniques with a 95% confidence level with a margin of error of 10%. The sample technique is non probability sampling with the subject of 296 people using accidental sampling technique. The research method used is correlational quantitative. The second measuring tool of this variable is a standard gauge of State-Trait Anxiety Inventory (STAI) from Spielberger (1972) to measure anxiety and Procrastination of Academic Inventory of State (APSI) from Ferrari (1995) to measure academic procrastination. The statistical analysis technique is Rank Spearman. The results showed that there is a strong and significant relationship between trait anxiety and academic procrastination that is equal to 0.618. This means that if the respondent has a high anxiety, then the respondent will have a high academic procrastination as well. The results also indicate that there is a moderate and significant relationship between the state of anxiety and academic procrastination that is equal to 0,515. This means that if respondents have high state anxiety, then respondents will have high academic procrastination as well.Keywords: anxiety, academic procrastination, unisba studentsAbstrak. Mahasiswa seringkali menunda dalam mengerjakan tugas perkuliahan, hal ini dapat terkait dengan kecenderungan mahasiswa merasakan cemas. Hasil penelitian sebelumnya tentang kecemasan dan prokrastinasi akademik dari Sutjipto (2012) dan Xu, dkk (2016) yang belum konsisten menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian tentang kecemasan dan prokrastinasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara kecemasan dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Unisba. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Unisba dengan jumlah 11.791 orang. Pengukuran sampel menggunakan Teknik Isaac dan Michael dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% dengan margin of error sebesar 10%. Teknik sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan subjek sebanyak 296 orang. Alat ukur yang digunakan kedua variable adalah alat ukur baku yaitu State-Trait Anxiety Inventory (STAI) dari Spielberger (1972) untuk mengukur kecemasan dan Academic Procrastination State Inventory (APSI) dari Ferrari (1995) untuk mengukur prokrastinasi akademik. Adapun teknik analisis statistik yang digunakan adalah Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara trait anxiety dan prokrastinasi akademik yaitu sebesar 0,618. Hal ini berarti jika responden memiliki trait anxiety yang tinggi, maka responden akan memiliki prokrastinasi akademik yang tinggi pula. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya hubungan yang sedang dan signifikan antara state anxiety dan prokrastinasi akademik yaitu sebesar 0,515. Hal ini berarti jika responden memiliki state anxiety yang tinggi, maka responden akan memiliki prokrastinasi akademik yang tinggi pula.Kata kunci: kecemasan, prokrastinasi akademik, mahasiswa unisba
dc.description Abstrak: The results of research by Sutjipto (2012) found a significant positive correlation between academic procrastination with anxiety but, according to experimental research by Xu, et al (2016) anxiety motivates students to increase efforts to achieve goals and reduce procrastination. The results of research that have not been consistent attract the attention of researchers to conduct research on anxiety and academic procrastination. Measurement of samples using Isaac and Michael Techniques with a 95% confidence level with a margin of error of 10%. The sample technique is non probability sampling with the subject of 296 people using accidental sampling technique. The research method used is correlational quantitative. The second measuring tool of this variable is a standard gauge of State-Trait Anxiety Inventory (STAI) from Spielberger (1972) to measure anxiety and Procrastination of Academic Inventory of State (APSI) from Ferrari (1995) to measure academic procrastination. The statistical analysis technique is Rank Spearman. The results showed that there is a strong and significant relationship between trait anxiety and academic procrastination that is equal to 0.618. This means that if the respondent has a high anxiety, then the respondent will have a high academic procrastination as well. The results also indicate that there is a moderate and significant relationship between the state of anxiety and academic procrastination that is equal to 0,515. This means that if respondents have high state anxiety, then respondents will have high academic procrastination as well.Keywords : anxiety, academic procrastination, unisba studentsAbstrak: Mahasiswa seringkali menunda dalam mengerjakan tugas perkuliahan, hal ini dapat terkait dengan kecenderungan mahasiswa merasakan cemas. Hasil penelitian sebelumnya tentang kecemasan dan prokrastinasi akademik dari Sutjipto (2012) dan Xu, dkk (2016) yang belum konsisten menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian tentang kecemasan dan prokrastinasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara kecemasan dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Unisba. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Unisba dengan jumlah 11.791 orang. Pengukuran sampel menggunakan Teknik Isaac dan Michael dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% dengan margin of error sebesar 10%. Teknik sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan subjek sebanyak 296 orang. Alat ukur yang digunakan kedua variable adalah alat ukur baku yaitu State-Trait Anxiety Inventory (STAI) dari Spielberger (1972) untuk mengukur kecemasan dan Academic Procrastination State Inventory (APSI) dari Ferrari (1995) untuk mengukur prokrastinasi akademik. Adapun teknik analisis statistik yang digunakan adalah Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara trait anxiety dan prokrastinasi akademik yaitu sebesar 0,618. Hal ini berarti jika responden memiliki trait anxiety yang tinggi, maka responden akan memiliki prokrastinasi akademik yang tinggi pula. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya hubungan yang sedang dan signifikan antara state anxiety dan prokrastinasi akademik yaitu sebesar 0,515. Hal ini berarti jika responden memiliki state anxiety yang tinggi, maka responden akan memiliki prokrastinasi akademik yang tinggi pula.Kata kunci : kecemasan, prokrastinasi akademik, mahasiswa unisba
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11635/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 962-968
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 962-968
dc.source 2460-6448
dc.subject psikologi
dc.subject kecemasan, prokrastinasi akademik, mahasiswa unisba
dc.subject Psikologi Klinis
dc.subject kecemasan, prokrastinasi akademik, mahasiswa unisba
dc.title Hubungan Kecemasan dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Universitas Islam Bandung
dc.title Hubungan Kecemasan dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Universitas Islam Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif
dc.type Kuantitatif Korelasional


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account