Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Locus Of Control dengan Kematangan Karir Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung

Show simple item record

dc.contributor Psikologi
dc.contributor
dc.creator Destiani, Dini
dc.creator Aslamawati, Yuli
dc.date 2018-08-06
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:03Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:03Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11473
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21541
dc.description Abstract. Education has an important role in the survival of a nation because education is a means to create quality resources. Adolescence is a period that is closely related to the determination of the next life, because the behavior and activities of adolescents is the beginning to carve out a better life in the future. In carving out his life in the future, it takes the direction of students to choose a field of study that they will do in the future that is in accordance with their interests and potential. Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung has advantages in its skills program, namely computer assembly, fashion, and gas welding. Every effort has been made to achieve the target of the skills program graduates, but many students still do not know what fields to take after graduating from school and there are even many students who do not know what to do after graduating from school. This is related to the self-control that is owned by each student which shows the difference in the dominance of locus of control. The purpose of this study was to obtain empirical data regarding the relationship between locus of control and career maturity of class XI students of Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung. The method used is a correlational method. This research is a population research. Subjects in this study were all XI classstudents of the Bandung State 1 Madrasah Aliyah skills program as many as 114 people. The measuring instrument used to measure Locus of Control is the Rotter I-E Scale while to measure Career Maturity uses a measuring instrument derived from Super concepts and theories. Based on the results of data processing, obtained p-value (Sig) of 0.511 with α = 0.000, so it can be concluded that there is a strong relationship between the Locus of Control with Career Maturity in XI class students of skills at Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung.Keyword: Locus of Control, Career Maturity, Adolescense, Educational PsychologyAbstrak. Pendidikan mempunyai peranan penting dalam kelangsungan hidup suatu bangsa karena pendidikan merupakan sarana untuk menciptakan sumber daya yang berkualitas. Masa remaja merupakan masa yang sangat berhubungan dengan penentuan kehidupan selanjutnya, karena pada perilaku dan aktivitas remaja merupakan masa awal untuk mengukir kehidupan yang lebih baik di masa depan. Dalam  mengukir kehidupannya di masa depan, diperlukan keterarahan siswa untuk memilih bidang kajian yang akan digelutinya di masa depan yang sesuai dengan minat dan potensi yang dimilikinya. Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung memiliki keunggulan dalam program keterampilannya yaitu perakitan komputer, tata busana, dan las gas. Segala upaya telah dilakukan agar tercapainya target lulusan program keterampilan, namun banyak siswa yang masih belum mengetahui bidang apa yang akan diambil setelah lulus sekolah bahkan terdapat banyak siswa yang tidak mengetahui apa yang akan dilakukan setelah lulus sekolah. Hal ini berkaitan dengan kendali diri yang dimiliki oleh setiap siswa yang menunjukkan adanya perbedaan dominasi locus of control. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara locus of control dengan kematangan karir siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI program keterampilan Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung sebanyak 114 orang. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur Locus of Control adalah Rotter I-E Scale sedangkan untuk mengukur Kematangan Karir menggunakan alat ukur yang diturunkan dari konsep dan teori Super. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh p-value (Sig) sebesar 0,511 dengan α=0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat antara Locus of Control dengan Kematangan Karir pada siswa kelas XI program keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung.Kata Kunci: Locus of Control, Kematangan Karir, Remaja, Psikologi Pendidikan
dc.description Pendidikan mempunyai peranan penting dalam kelangsungan hidup suatu bangsa karena pendidikan merupakan sarana untuk menciptakan sumber daya yang berkualitas. Masa remaja merupakan masa yang sangat berhubungan dengan penentuan kehidupan selanjutnya, karena pada perilaku dan aktivitas remaja merupakan masa awal untuk mengukir kehidupan yang lebih baik di masa depan. Dalam  mengukir kehidupannya di masa depan, diperlukan keterarahan siswa untuk memilih bidang kajian yang akan digelutinya di masa depan yang sesuai dengan minat dan potensi yang dimilikinya. Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung memiliki keunggulan dalam program keterampilannya yaitu perakitan komputer, tata busana, dan las gas. Segala upaya telah dilakukan agar tercapainya target lulusan program keterampilan, namun banyak siswa yang masih belum mengetahui bidang apa yang akan diambil setelah lulus sekolah bahkan terdapat banyak siswa yang tidak mengetahui apa yang akan dilakukan setelah lulus sekolah. Hal ini berkaitan dengan kendali diri yang dimiliki oleh setiap siswa yang menunjukkan adanya perbedaan dominasi locus of control. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara locus of control dengan kematangan karir siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI program keterampilan Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung sebanyak 114 orang. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur Locus of Control adalah Rotter I-E Scale sedangkan untuk mengukur Kematangan Karir menggunakan alat ukur yang diturunkan dari konsep dan teori Super. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh p-value (Sig) sebesar 0,511 dengan α=0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat antara Locus of Control dengan Kematangan Karir pada siswa kelas XI program keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11473/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/downloadSuppFile/11473/2376
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 762-767
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 762-767
dc.source 2460-6448
dc.subject psikologi
dc.subject Locus of Control, Kematangan Karir, Remaja, Psikologi Pendidikan
dc.subject
dc.subject Locus of Control, Kematangan Karir, Remaja, Psikologi Pendidikan
dc.title Hubungan antara Locus Of Control dengan Kematangan Karir Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung
dc.title Hubungan antara Locus Of Control dengan Kematangan Karir Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung (Studi Pada Siswa Kelas XI Program Keterampilan)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account