Universitas Islam Bandung Repository

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP SISTEM PENILAIAN KOMPETENSI DENGAN MOTIVASI KERJA PADA DIVISI ACCESS AND SERVICE OPERATION KANTOR WITEL JABAR TENGAH PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Psikologi, Prodi Psikologi
dc.creator SHADRINA, DINAN NUR
dc.creator WIDAWATI, LISA
dc.date 2015-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:04Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:04Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1449
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21553
dc.description PT.Telekomunikasi Indonesia salah satu perusahaan yang menggunakan aspek kompetensi karyawan sebagai dasar penilaian selain penilaian performansi. Pada pelaksanaannya kebanyakan karyawan memaknakan Sistem Penilaian Kompetensi negatif dimana pemaknaan tersebut tidak sesuai dengan harapan karyawan untuk selalu mendapatkan nilai kompetensi yang baik. Kondisi ini tidak mendorong karyawan untuk mengarahkan segala daya dan potensinya untuk bekerja produktif, sehingga muncul perilaku yang tidak diharapkan oleh perusahaan seperti, mengobrol dan bercanda ketika jam bekerja sedangkan penyelesaian gangguan belum terselesaikan, datang dan pulang tidak sesuai jam kerja, dan tidak jarang apabila dalam satu hari seorang karyawan tidak dapat mencapai target individualnya maka karyawan lain harus menutupi kekurangan tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keeratan hubungan antara persepsi terhadap Sistem Penilaian Kompetensi dengan Motivasi Kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi sebanyak 29 orang. Alat ukur persepsi terhadap sistem penilaian kompetensi menggunakan teori dari Moeheriono, sedangkan motivasi kerja menggunakan konsep teori Ekspektansi Victor Vroom. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman diperoleh  = 0.613 yang menurut tabel Guilford termasuk dalam kriteria korelasi tinggi. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang erat antara persepsi terhadap Sistem Penilaian Kompetensi dengan Motivasi Kerja karyawan bagian Access and Service Operation PT.Telekomunikasi Indonesia.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1449/pdf
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 559-565
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 559-565
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi ; Psikologi Industri dan Organisasi
dc.subject Persepsi, Sistem Penilaian Kompetensi, Motivasi Kerja, Teori Ekspektansi
dc.title HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP SISTEM PENILAIAN KOMPETENSI DENGAN MOTIVASI KERJA PADA DIVISI ACCESS AND SERVICE OPERATION KANTOR WITEL JABAR TENGAH PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Korelasional


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account