dc.contributor |
|
|
dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Siswati, Uca Puji |
|
dc.creator |
Rahayu, Makmuroh Sri |
|
dc.date |
2016-08-10 |
|
dc.date.accessioned |
2019-09-10T02:39:04Z |
|
dc.date.available |
2019-09-10T02:39:04Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3670 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/21555 |
|
dc.description |
Abstrak. Maraknya fenomena perilaku seksual pranikah dan tentunya tidak sesuai dengan norma agama membuat guru-guru SMA PGII 1 Bandung melakukan pencegahan untuk mengurangi atau mencegah penyalahgunaan seks. Di SMA PGII 1 Bandung terdapat kurikulum pendidikan seks tetapi tidak berdiri sendiri, diberikan melalui pelajaran BK (Bimbingan Konseling). Tetapi pada kenyataannya, meskipun berbagai upaya pendekatan agama serta suasana sekolah sudah sarat dengan kehidupan agamis, namun masih sering ditemukan siswa yang sedang berpacaran di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keeratan hubungan antara persepsi terhadap komunikasi interpersonal dalam keluarga tehadap perilaku seksual pada siswa kelas X SMA PGII 1 Bandung. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman diperoleh rs= -0581, menurut tabel Guilford termasuk ke dalam kriteria korelasi cukup. Artinya, persepsi terhadap komunikasi interpersonal dalam keluarga yang negatif akan terkait dengan kecenderungan melakukan perilaku seksual pranikah. Aspek openness dan positivness pada persepsi terhadap komunikasi interpersonal dalam keluarga merupakan aspek tertinggi yang terkait dengan perilaku seksual pranikah. |
|
dc.description |
Maraknya fenomena perilaku seksual pranikah dan tentunya tidak sesuai dengan norma agama membuat guru-guru SMA PGII 1 Bandung melakukan pencegahan untuk mengurangi atau mencegah penyalahgunaan seks. Di SMA PGII 1 Bandung terdapat kurikulum pendidikan seks tetapi tidak berdiri sendiri, diberikan melalui pelajaran BK (Bimbingan Konseling). Tetapi pada kenyataannya, meskipun berbagai upaya pendekatan agama serta suasana sekolah sudah sarat dengan kehidupan agamis, namun masih sering ditemukan siswa yang sedang berpacaran di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keeratan hubungan antara persepsi terhadap komunikasi interpersonal dalam keluarga tehadap perilaku seksual pada siswa kelas X SMA PGII 1 Bandung. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman diperoleh rs= -0581, menurut tabel Guilford termasuk ke dalam kriteria korelasi cukup. Artinya, persepsi terhadap komunikasi interpersonal dalam keluarga yang negatif akan terkait dengan kecenderungan melakukan perilaku seksual pranikah. Aspek openness dan positivness pada persepsi terhadap komunikasi interpersonal dalam keluarga merupakan aspek tertinggi yang terkait dengan perilaku seksual pranikah. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Universitas Islam Bandung |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3670/pdf |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi |
|
dc.source |
Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 970-976 |
|
dc.source |
Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 970-976 |
|
dc.source |
2460-6448 |
|
dc.subject |
Proceedings of Psychology |
|
dc.subject |
premarital sexual behavior, interpersonal communication, teenager, family |
|
dc.subject |
Psikologi |
|
dc.subject |
Perilaku Seksual Pranikah, Komunikasi Interpersonal, Remaja, Keluarga |
|
dc.title |
Hubungan Persepsi Terhadap Komunikasii Interpersonal dalam Keluarga dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Siswa Kelas X SMA PGII 1 Bandung |
|
dc.title |
Hubungan Persepsi Terhadap Komunikasii Interpersonal dalam Keluarga dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Siswa Kelas X SMA PGII 1 Bandung |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
qualitative |
|
dc.type |
kualitatif |
|