Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Mengenai Character Strength pada Siswa Kelas XII SMAIT Miftahul Khoir Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Anwar, Syara Rahiela
dc.creator Susandari, Susandari
dc.date 2017-01-25
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:04Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:04Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/6025
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21564
dc.description Abstract. SMAIT Miftahul Khoir is a private schools with integrated islamic curriculum. Characteristics of the students enteringthe school were slacker, dependent, not obeying the school rules and often running away in the leasson times. Through intergrated islamic curriculum and school programs carrying out in each semester, the students are more spiritual and creative. Character strength is a characters which directs individuals to the virtue, or positive traits which is reflected in the thoughts, feeling, and behaviour (Park, Peterson & Seligman, 2004). The purpose of this research is to gain empirical data about Strength  Character profile and signature strength (unique strength) ofthe 3rdgrade students of  Miftahul Khoir Intergrated Islamic High School. The method of this research is descriptive,using a standard psychological instrument of Values In Action Youth (VIA-Youth). The result issignature strength ofthe students. Those areOpen mindedness, Creativity, Integrity, Leadership, and Spirituality.Abstrak. SMAIT (Sekolah Menengah Islam Terpadu) Miftahul Khoir termasuk sekolah swasta yang menggunakan kurikulum islam terpadu. Melalui kurikulum islam terpadu dan program sekolah yang secara kontinum dilaksanakan pada setiap semesternya, siswa lebih memiliki karakter spritualitas dan kreativitas. Character Strength merupakan karakter baik yang mengarahkan individu pada pencapaian kebajikan (virtue), atau trait positif yang terefleksi dalam pikiran, perasaan, dan tingkah laku (Park, Peterson & Seligman, 2004). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik mengenai profil Character Strength dan data Signature Strength (kekuatan khas) yang dimiliki oleh siswa kelas XII SMAIT Miftahul Khoir Bandung. Metode penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan alat ukur skala psikologi yang telah baku dari Values in Action Youth (VIA-Youth). Hasil dari penelitian ini menggambarkan terdapat lima kekuatan karakter khas yang dimiliki oleh seluruh siswa SMAIT Miftahul Khoir Bandung. Kekuatan karakter yang khas adalah Open mindedness, Creativity, Integrity, Leadership, dan Spirituality.
dc.description SMAIT (Sekolah Menengah Islam Terpadu) Miftahul Khoir termasuk sekolah swasta yang menggunakan kurikulum islam terpadu. Melalui kurikulum islam terpadu dan program sekolah yang secara kontinum dilaksanakan pada setiap semesternya, siswa lebih memiliki karakter spritualitas dan kreativitas. Character Strength merupakan karakter baik yang mengarahkan individu pada pencapaian kebajikan (virtue), atau trait positif yang terefleksi dalam pikiran, perasaan, dan tingkah laku (Park, Peterson & Seligman, 2004). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik mengenai profil Character Strength dan data Signature Strength (kekuatan khas) yang dimiliki oleh siswa kelas XII SMAIT Miftahul Khoir Bandung. Metode penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan alat ukur skala psikologi yang telah baku dari Values in Action Youth (VIA-Youth). Hasil dari penelitian ini menggambarkan terdapat lima kekuatan karakter khas yang dimiliki oleh seluruh siswa SMAIT Miftahul Khoir Bandung. Kekuatan karakter yang khas adalah Open mindedness, Creativity, Integrity, Leadership, dan Spirituality.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/6025/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2017); 224-228
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2017); 224-228
dc.source 2460-6448
dc.subject
dc.subject Character strength, Teen, Intergrated islamic school
dc.subject Psikologi/Psikologi
dc.subject Character Strength, Remaja, Sekolah Islam Terpadu
dc.title Studi Deskriptif Mengenai Character Strength pada Siswa Kelas XII SMAIT Miftahul Khoir Bandung
dc.title Studi Deskriptif Mengenai Character Strength pada Siswa Kelas XII SMAIT Miftahul Khoir Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type
dc.type Studi Deskriptif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account