Description:
Perbedaan persepsi terhadap Flow pada metode pembelajaran yang berbeda dapat dirasakan oleh mahasiswa pada mata kuliah Psikologi Pendidikan 2 kelas C. Prilaku yang mahasiswa tampilkan tiap metode berbeda-beda antara lain pada saat metode ceramah plus tanya jawab beberapa mahasiswa fokus mendengarkan, mencatat materi yang dianggap penting, dan menjawab pertanyaan yang diajukan dosen, namun ada beberapa mahasiswa yang mengobrol, memainkan handphone, mengerjakan tugas lain. Pada metode diskusi kelompok kecil beberapa mahasiswa masing-masing mencari sumber untuk pembahasan, bertukar pendapat, namun ada pula yang hanya menyalin tugas teman sekelompoknya dan mengobrol dengan teman kelompoknya. pada metode ujian beberapa mahasiswa fokus terhadap apa yang dikerjakan, membaca dengan teliti namun ada beberapa mahasiswa terlihat tidak fokus dengan melirik-lirik teman sebelahnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental yang melibatkan 23 mahasiswa pendidikan 2 kelas C. Pengumpulan data Flow dilakukan dengan menggunakan alat ukur baku dari Rheinberg, Vollmeyer, and Engeser. Analisis data menggunakan ANOVA dan mengukur metode mana yang berbeda menggunakan Post Hoc. Hasil yang diperoleh menunjukkan terdapat pengaruh antara metode pembelajaran terhadap Flow pada mahasiswa psikologi pendidikan 2 kelas C dan terdapat berbedaan pengaruh tingkat Flowpada metode ceramah dan tanya jawab, diskusi kelompok kecil dan ujian dengan signifikan=0,002 <a = 0,05. Berdasarkan uji post-hoc terdapat perbedaan rata-rata tingkat flow antara metode diskusi kelompok dengan ceramah plus tanya jawab dengan nilai signifikan 0,005 < α = 0,05 dan terdapat perbedaan antara metode pembelajaran diskusi kelompok dengan ujian dengan nilai signifikan 0,001 < α = 0,05. Sedangkan rata-rata flow antara metode pembelajaran ceramah plus tanya jawab dengan ujian tidak terdapat perbedaan yang signifikan 0,547 > α =0,05. hasil yang diperoleh yaitu metode diskusi kelompok kecil lebih efektif dibandingkan metode ceramah plus tanya jawab dan metode ujian.