Universitas Islam Bandung Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP FLOW AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNISBA. (STUDI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG MATA KULIAH PSKOLOGI PENDIDIKAN 2 KELAS C).

Show simple item record

dc.contributor FAKULTAS PSIKOLOGI
dc.creator PEBRIANI, EKA NOVITA
dc.creator ROSIANA, DEWI
dc.date 2015-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:06Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:06Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1240
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21570
dc.description Perbedaan persepsi terhadap Flow pada metode pembelajaran yang berbeda dapat dirasakan oleh mahasiswa pada mata kuliah Psikologi Pendidikan 2 kelas C. Prilaku yang mahasiswa tampilkan tiap metode berbeda-beda antara lain pada saat metode ceramah plus tanya jawab beberapa mahasiswa fokus mendengarkan, mencatat materi yang dianggap penting, dan menjawab pertanyaan yang diajukan dosen, namun ada beberapa mahasiswa yang mengobrol, memainkan handphone, mengerjakan tugas lain. Pada metode diskusi kelompok kecil beberapa mahasiswa masing-masing mencari sumber untuk pembahasan, bertukar pendapat, namun ada pula yang hanya menyalin tugas teman sekelompoknya dan mengobrol dengan teman kelompoknya. pada metode ujian beberapa mahasiswa fokus terhadap apa yang dikerjakan, membaca dengan teliti namun ada beberapa mahasiswa terlihat tidak fokus dengan melirik-lirik teman sebelahnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental yang melibatkan 23 mahasiswa pendidikan 2 kelas C. Pengumpulan data Flow dilakukan dengan menggunakan alat ukur baku dari Rheinberg, Vollmeyer, and Engeser. Analisis data menggunakan ANOVA dan mengukur metode mana yang berbeda menggunakan Post Hoc. Hasil yang diperoleh menunjukkan terdapat pengaruh antara metode pembelajaran terhadap Flow pada mahasiswa psikologi pendidikan 2 kelas C dan terdapat berbedaan pengaruh tingkat Flowpada metode ceramah dan tanya jawab, diskusi kelompok kecil dan ujian dengan signifikan=0,002 <a = 0,05. Berdasarkan uji post-hoc terdapat perbedaan rata-rata tingkat flow antara metode diskusi kelompok dengan ceramah plus tanya jawab dengan nilai signifikan 0,005 < α = 0,05 dan terdapat perbedaan antara metode pembelajaran diskusi kelompok dengan ujian dengan nilai signifikan 0,001 < α = 0,05. Sedangkan rata-rata flow antara metode pembelajaran ceramah plus tanya jawab dengan ujian tidak terdapat perbedaan yang signifikan 0,547 > α =0,05. hasil yang diperoleh yaitu metode diskusi kelompok kecil lebih efektif dibandingkan metode ceramah plus tanya jawab dan metode ujian.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1240/pdf
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 279-286
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 279-286
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi
dc.subject Flow Akademik, Metode pembelajaran, Psikologi UNISBA, Pendidikan 2
dc.title PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP FLOW AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNISBA. (STUDI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG MATA KULIAH PSKOLOGI PENDIDIKAN 2 KELAS C).
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif, TRIZ


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account