Universitas Islam Bandung Repository

STUDI DESKRIPTIF MENGENAI KEPUASAN KERJA KARYAWAN BAGIAN ACCESS AND SERVICE OPERATION KANTOR WITEL JABAR TENGAH PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA

Show simple item record

dc.contributor FAKULTAS PSIKOLOGI
dc.creator WIRASAPUTRA, VINA DWIPUTRI
dc.creator NOOR, HASANUDDIN
dc.date 2015-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:07Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:07Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1383
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21576
dc.description PT. Telekomunikasi Indonesia telah melayani lebih dari 151,9 juta pelanggan yang terdiri dari seluler (Telkomsel) lebih dari 125 juta dan pelanggan tetap 25,8 juta. Telkom Group melayani jutaan pelanggan di seluruh Indonesia dengan rangkaian lengkap layanan telekomunikasi. Witel Jabar Tengah PT. Telekomunikasi Indonesia merupakan salah satu wilayah telekomunikasi dari Divisi Regional III. Salah satu bagian di Witel Jabar Tengah ialah bagian Access and Service Operation merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam hal pemeliharaan perangkat-perangkat Telkom baik perangkat aktif maupun pasif serta penanganan gangguan atau trouble shooting yang dialami oleh pelanggan retail, business, dan corporate. Berdasarkan data, bagian Access and Service Operation mengalami penurunan dalam pencapaian target kerja bagian. Hasil wawancara menunjukkan bahwa karyawan memiliki keluhan-keluhan terkait dengan pekerjaan yang dijalaninya. Karyawan kesulitan dalam membuat Kampiun dan merasa penilaian 360 derajat belum mampu menilai kinerja secara objektif, sehingga menyulitkan karyawan untuk bisa mendapat kesempatan promosi. Karyawan juga merasa gaji yang diterimanya belum sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang mengharuskan mereka bekerja lembur atau di luar hari kerja. Adanya mitra kerja pun terkadang menghambat karyawan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi deskriptif dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 25 orang. Pengambilan data menggunakan alat ukur kuesioner kepuasan kerja yang disusun sendiri oleh Peneliti berdasarkan aspek-aspek kepuasan kerja dari Teori Diskrepansi dari Locke. Hasil penelitian didapatkan kepuasan kerja secara umum pada karyawan bagian Access and Service Operation Kantor Witel Jabar Tengah PT. Telekomunikasi Indonesia menunjukkan sebanyak 76% masuk ke dalam kategori sangat tidak puas dan 24% masuk ke dalam kategori tidak puas. Berdasarkan aspek-aspek pekerjaan, aspek yang memberikan peluang terbesar bagi karyawan merasa puas adalah aspek pekerjaan itu sendiri (92%), diikuti dengan aspek teman kerja dan jaminan kerja (88%), pengawasan (76%), kesempatan berprestasi (72%), serta kompensasi (64%).
dc.language id
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 476-485
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 476-485
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi; Psikologi Industri dan Organisasi
dc.subject Kepuasan Kerja, Karyawan Bagian Access and Service Operation, Witel Jabar Tengah, PT. Telekomunikasi Indonesia
dc.title STUDI DESKRIPTIF MENGENAI KEPUASAN KERJA KARYAWAN BAGIAN ACCESS AND SERVICE OPERATION KANTOR WITEL JABAR TENGAH PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account