Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Social Support dengan Parenting Stress pada Ibu dengan Anak Tunagrahita di SLB-C Z Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Azni, Hanifah Nastiti Putri
dc.creator Nugraha, Suci
dc.date 2017-01-25
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:07Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:07Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/5999
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21588
dc.description Abstract. Raising a child with intellectual disability can cause a great pressure for mother, and it willhave impacts on parenting that is not optimal and the consequences will be felt by the child. Mother is expected to reduce the stress so that parenting can be run optimally and children will be not unnoticed by mother. To ease the burden faced by the mother, the support of the surrounding is very important to help the mother in order to withstand the difficulties. The purpose of this study was to determine the correlation between social supports and parenting stress towards mothers who have anintellectual disabled child in SLB-C Z Bandung.  The method of research is the study of correlation with the respondents as many as 12 people. Measuring instrument used is a psychological scale created by the researchers based on the theory of Social Support by Sarafino (1994) and measuring tools Parenting Stress Scale by Berry & Jones (1995). The results showed that there is a negative correlation between social support and parenting stress towards mothers who have anintellectual disabled child in SLB-C Z Bandung (Rs = -0.770), the higher the mother's received a social support, the lower the intensity of parenting stress felt by the mother. Abstrak. Membesarkan anak tunagrahita dapat menyebabkan ibu merasakan tekanan yang berat dan akan berdampak pada pengasuhan anak yang kurang optimal. Ketika ibu merasakan stres dalam pengasuhan anaknya, ibu diharapkan dapat mengurangi stresnya agar pengasuhan anak dapat dijalankan dengan optimal dan anak akan terperhatikan oleh ibu. Dukungan dari sekitarnya sangatlah penting untuk membantu ibu agar bisa bertahan menghadapi kesulitannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keeratan hubungan antara social support dengan parenting stress ibu yang memiliki anak tunagrahita di SLB-C Z Bandung. Metoda penelitian yang digunakan adalah studi korelasi dengan responden sebanyak 12 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala psikologi yang dibuat oleh peneliti berdasarkan teori Social Support dari Sarafino (1994) dan alat ukur Parenting Stress Scale  dari Berry & Jones (1995). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif antara Social support dengan Parenting stress ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLB-C Z Bandung (Rs= -0,770), maka semakin tinggi dukungan sosial yang diterima ibu, semakin rendah intensitas stress pengasuhan yang dirasakan ibu. 
dc.description Membesarkan anak tunagrahita dapat menyebabkan ibu merasakan tekanan yang berat dan akan berdampak pada pengasuhan anak yang kurang optimal. Ketika ibu merasakan stres dalam pengasuhan anaknya, ibu diharapkan dapat mengurangi stresnya agar pengasuhan anak dapat dijalankan dengan optimal dan anak akan terperhatikan oleh ibu. Dukungan dari sekitarnya sangatlah penting untuk membantu ibu agar bisa bertahan menghadapi kesulitannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keeratan hubungan antara social support dengan parenting stress ibu yang memiliki anak tunagrahita di SLB-C Z Bandung. Metoda penelitian yang digunakan adalah studi korelasi dengan responden sebanyak 12 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala psikologi yang dibuat oleh peneliti berdasarkan teori Social Support dari Sarafino (1994) dan alat ukur Parenting Stress Scale  dari Berry & Jones (1995). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif antara Social support dengan Parenting stress ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLB-C Z Bandung (Rs= -0,770), maka semakin tinggi dukungan sosial yang diterima ibu, semakin rendah intensitas stress pengasuhan yang dirasakan ibu. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/5999/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2017); 153-157
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2017); 153-157
dc.source 2460-6448
dc.subject
dc.subject social support, parenting stress, child with intellectual disability.
dc.subject Psikologi
dc.subject social support, parenting stress, anak tunagrahita
dc.title Hubungan Social Support dengan Parenting Stress pada Ibu dengan Anak Tunagrahita di SLB-C Z Bandung
dc.title Hubungan Social Support dengan Parenting Stress pada Ibu dengan Anak Tunagrahita di SLB-C Z Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type
dc.type Korelasi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account