Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Mengenai Self Esteem Pada Siswa-Siswi yang Bermasalah Pada Kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Destriana, Rhima
dc.creator Rahayu, Makmuroh Sri
dc.creator Khasanah, Andhita Nurul
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:09Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:09Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7660
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21614
dc.description SMP Negeri 8 Bandung merupakan salah satu SMP Negeri dengan akreditasi A. Untuk mempertahankan akreditasi yang telah melekat tersebut tidak mudah, terutama pada angkatan 2015. Perilaku bermasalah yang ditimbulkan angkatan 2015 tersebut sebanyak 24,3%, didominasi oleh perilaku membolos, terlambat datang ke sekolah dan berada diluar kelas saat jam pelajaran berlangsung. Sebab mereka bermasalah karena merasa tidak nyaman disekolah, merasa bukan orang yang penting, tidak pantas disukai, tidak yakin dengan  ide dan kemampuannya. Hal-hal tersebut terkait dengan self esteem. Menurut Coopersmith  self esteem merupakan evaluasi yang dibuat individu dan kebiasaan memandang dirinya terutama mengenai sikap menerima atau menolak, dan indikasi besarnya kepercayaan individu terhadap kemampuannya, keberartian, kesuksesan dan keberhargaan. Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran self esteem pada siswa-siswi yang bermasalah di kelas VIII di SMPN 8 Bandung. Metode yang digunakan adalah metode studi deksriptif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah subjek seluruhnya adalah 70 siswa. Pengambilan data dilakukan menggunakan alat ukur self esteem berdasarkan teori Coopersmith. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa sebanyak 50 % atau 35 orang memiliki self esteem rendah. Siswa-siswi yang masuk melalui jalur afirmasi dengan self esteem rendah sebanyak 75% atau 27 orang dan yang masuk melalui jalur akademik dengan self esteem rendah sebanyak 23.35% atau 8 orang. Dengan demikian siswa-siswi bermasalah dikelas VIII yang memiliki self esteem rendah di dominasi oleh siswa yang berasal dari jalur afirmasi.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7660/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 941-948
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 941-948
dc.source 2460-6448
dc.subject
dc.subject Studi Deskriptif, Self Esteem, dan Siswa-siswi Bermasalah
dc.title Studi Deskriptif Mengenai Self Esteem Pada Siswa-Siswi yang Bermasalah Pada Kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account