Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan School Well-being dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI MA X

Show simple item record

dc.contributor Universitas Islam Bandung
dc.creator Amanillah, Salma
dc.creator Rosiana, Dewi
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:14Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:14Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7365
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21672
dc.description Menurut Suciati & Prasetya (2001), kondisi lingkungan belajar dan upaya pengajar dalam mengajar peserta didik merupakan salah satu yang mempengaruhi motivasi belajar. MA X merupakan MA yang memiliki lingkungan belajar yang baik; ditunjukkan dengan akreditasi sangat baik (A). Hanya saja, akreditasi tersebut tidak sejalan dengan  hasil survey pada 30 siswa kelas XI yang menunjukkan bahwa kebutuhan dasar siswa tidak terpenuhi oleh sekolah yang menunjukkan rendahnya school well-being dan kemudian berdampak pada rendahnya motivasi belajar. Menurut Konu & Rimpela (2002), school well-being merupakan keadaan sekolah yang diperlukan siswa untuk perkembangan dan eksistensinya melalui Having, Loving, Being, dan Health. Sedangkan menurut Wlodkowski (1990) motivasi belajar adalah proses internal yang ada dalam diri seseorang yang memberikan gairah atau semangat dalam belajar, mengandung usaha untuk mencapai tujuan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian populasi pada siswa kelas XI dengan responden sebanyak 56 orang yang bertujuan untuk melihat seberapa erat korelasi antara school well-being dengan motivasi belajar. Hasil korelasi menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,614 yang menunjukkan ada hubungan positif yang erat antara school well-being dengan motivasi belajar.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7365/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 542-547
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 542-547
dc.source 2460-6448
dc.subject psikologi
dc.subject school well-being, motivasi belajar, akreditasi
dc.title Hubungan School Well-being dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI MA X
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type korelasional


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account