Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Teknik Disiplin Orangtua dengan Penyesuaian Akademik pada Siswa Kelas X SMA BPI 1 Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Psikologi
dc.creator suparba, alfi fattah
dc.date 2015-05-30
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:14Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:14Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/908
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21681
dc.description SMA BPI 1 merupakan salah satu sekolah swasta favorit di kota Bandung dan memiliki prestasi di bidang akademik dan non akademik, namun pada kenyataannya banyak siswa yang kurang berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Banyak siswa yang mengobrol dan tidak memperhatikan guru, dari hasil wawancara  hal tersebut dipengaruhi salah satunya oleh peran orang tua di rumah. Teknik disiplin yang di tetapkan oleh orang tua akan berbeda-beda dan penghayatan anak pun akan berbeda pula. Dari wawancara siswa ada yang menghayati cara pendisiplinan yang keras, yang membuat dirinya tidak ada inisiatif dari dalam diri dan kurang berinteraksi di kelas. Ada juga siswa menghayati orang tua hanya mempersiapkan diri bila dibutuhkan saja dan menjadikan dia kurang dapat memproritaskan sesuatu. Ada juga siswa menghayati cara orang tua mendisiplikan dirinya dengan penjelasan yang jelas dan dirinya merasa diajak berpartisipasi dalam menentukan aturan rumah sehingga membuatnya mengerti apa yang harus dilakukan demi kemajuan dirinya.Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa besar keeratan hubungan antara penerapan teknik disiplin orangtua dengan penyesuaian akademik siswa kelas X SMA BPI 1 Bandung. Penelitian ini menggunakan teknik sampling pemilihan sampel acak sederhana, diperoleh 105 siswa kelas X. Alat ukur penerapan teknik disiplin yang digunakan adalah angket yang dikonstruksikan berdasarkan teori dari Hurlock (1992) dan Hoffman (1970). Sedangkan alat ukur penyesuaian akademik adalah berupa angket yang dikonstruksikan berdasarkan teori penyesuaian akademik dari Bem. P. Allen (1990). Pengolahan data dilakukan dengan metoda statistik nonparametrik, yaitu uji korelasi Rank Spearman. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hubungan antara penerapan teknik disiplin power assertion dengan penyesuaian akademik dengan rs = -0,747 dengan korelasi tinggi. Sedangkan hubungan antara penerapan teknik disiplin love withdrawl dengan penyesuaian akademik dengan rs = -0,733 dengan korelasi tinggi. Kemudian hubungan antara penerapan teknik disiplin induction dengan penyesuaian akademik diperoleh hasil sebesar rs = 0,759 dengan korelasi tinggi.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/908/pdf
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2015); 46-48
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2015); 46-48
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi ; Psikologi Perkembangan
dc.subject Teknik disiplin orang tua, Penyesuaian akademik, SMA BPI 1
dc.title Hubungan Teknik Disiplin Orangtua dengan Penyesuaian Akademik pada Siswa Kelas X SMA BPI 1 Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Korelasi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account