Description:
TK dan SD Bakti Asih merupakan salah satu sekolah yang ada di kota Bandung. TK Bakti Asih diresmikan sebagai sekolah inklusi pada tahun 2010. Sebelum diresmikan sebagai TK inklusi, TK Bakti Asih sudah menerima anak berkebutuhan khusus. SD Bakti Asih belum tercatat secara resmi sebagi sekolah inklusi, namun sudah menerima anak berkebutuhan khusus. Sehingga para guru yang bekerja di yayasan tersebut memiliki tuntutan untuk memberikan pembelajaran kepada anak berkebutuhan khusus. Yayasan ini memiliki guru yang harus mampu mengajar dan mengkomodir anak normal dan berkebutuhan khusus. mereka mengajar anak-anak bekebutuhan khusus dengan bersungguh-sungguh, penuh kehangatan dan harapan. karakter positif ini dinamakan sebagai kekuatan karakter. Kekuatan karakter tersebut muncul dalam kehidupan sehari-hari para guru yang memberikan damapak para guru bertahan dengan pekerjaan sebagai guru di yayasan Bakti Asih. Bertahannya guru di pekerjaannya membuat mereka tetap berada di yayasan Bakti Asih. hal tersbut memunculkan adanya komitmen kerja dari para individu terhadap pekerjaannya sebagai guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara profil kekuatan karakter dengan komitmen kerja pada guru di TK dan SD Bakti Asih Bandung. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah populasi sebanyak 11 orang. Guru di yayasan Bakti Asih memiliki komitmen afektif sebanyak 5 orang, komitmen kontinuan 4 orang dan komitmen normatif 2 orang. Kekuatan karakter yang memeiliki korelasi dengan komitmen afektif yaitu 1.love dengan nilai r = 0,968 2.kindness dengan nilai r = 0,884 3.fairness dengan nilai r = 0,884 4.love of learning dengan nilai r = 0,648 5.hope dengan nilai r = 0,631 6.social intelligence dengan nilai r = 0,625. Kekuatan karakter yang memiliki korelasi dengan komitmen kontinuan 1.creativity dengan nilai r = 0,894 2.love of learning dengan nilai r = 0,8 3.hope dengan nilai r = 0,6.