Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Kepribadian Big Five pada Anggota Ojek Pangkalan Pasir Impun Bandung

Show simple item record

dc.contributor Psikologi
dc.contributor
dc.creator Rabbani, Ridho Ahmad
dc.creator Djamhoer, Temi Damayanti
dc.date 2018-08-07
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:17Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:17Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11772
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21720
dc.description Abstract. The drivers at Pasir Impun ojek’s pool tend to show a rejection of the online motorbikes existence. They feel income has decreased since the advent of online motorbikes. They imposed separate rules for online motorbike drivers. Administratively (personal data and vehicle data) all members in this ojek’s pool are eligible to become online motorcycle drivers, but still refuse to join as an online motorcycle driver. Even though the online motorcycle service provider has provided convenience and priority to register as a driver. Personality trait in this study using the Big Five approach (Mc.Crae and Costa). The purpose of this study was to obtain empirical data on the personality trait of the members of the motorcycle drivers in Pangkalan Pasir Impun. The method used is descriptive study with a sample of 30 members at Pasir Impun which refers to the standard measuring instrument of NEO-PIR (Neuroticsm, Extraversion, Openess, Revised Personality Inventory). The Big Five personality traits of pangkalan Pasir Impun ojek members sequentially from the most dominant are high criteria extraversion, low criteria for openess to experience, high criteria for neuroticism, low agreeableness criteria and conscientiousness with equal percentages in both criteria.Keywords: Big Five Personality Trait, NEO-PIR, Pasir Impun Ojek’s Pool Abstrak. Ojek pangkalan Pasir Impun cenderung menunjukan respon penolakan terhadap keberadaan ojek online. Mereka merasa pendapatan berkurang semenjak munculnya ojek online. Mereka memberlakukan aturan tersendiri untuk ojek online. Sebetulnya secara administratif (data diri dan data kendaraan) seluruh anggota di pangkalan ini sudah memenuhi syarat untuk menjadi pengemudi ojek online, namun tetap saja menolak untuk bergabung menjadi pengemudi ojek online. Padahal pihak penyedia jasa ojek online sudah memberikan kemudahan dan prioritas untuk mendaftar menjadi pengemudi. Trait kepribadian pada penelitian ini, menggunakan pendekatan The Big Five (Mc.Crae dan Costa). Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data empiris gambaran trait kepribadian anggota ojek pangkalan Pasir Impun. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif dengan sampel 30 orang anggota Pasir Impun yang mengacu pada alat ukur baku dari NEO-PIR (Neuroticsm, Extraversion, Openess, Personality Inventory Revised). Trait kepribadian Big Five anggota ojek pangkalan Pasir Impun secara berurutan dari yang paling dominan adalah extraversion kriteria tinggi, openess to experience kriteria rendah, neuroticism kriteria tinggi, agreeableness kriteria rendah dan conscientiousness dengan persentase sama besar di kedua  kriteria.Kata Kunci: Trait Kepribadian Big Five, NEO-PIR, Pangkalan Pasir Impun
dc.description Abstrak. Ojek pangkalan Pasir Impun cenderung menunjukan respon penolakan terhadap keberadaan ojek online. Mereka merasa pendapatan berkurang semenjak munculnya ojek online. Mereka memberlakukan aturan tersendiri untuk ojek online. Sebetulnya secara administratif (data diri dan data kendaraan) seluruh anggota di pangkalan ini sudah memenuhi syarat untuk menjadi pengemudi ojek online, namun tetap saja menolak untuk bergabung menjadi pengemudi ojek online. Padahal pihak penyedia jasa ojek online sudah memberikan kemudahan dan prioritas untuk mendaftar menjadi pengemudi. Trait kepribadian pada penelitian ini, menggunakan pendekatan The Big Five (Mc.Crae dan Costa). Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data empiris gambaran trait kepribadian anggota ojek pangkalan Pasir Impun. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif dengan sampel 30 orang anggota Pasir Impun yang mengacu pada alat ukur baku dari NEO-PIR (Neuroticsm, Extraversion, Openess, Personality Inventory Revised). Trait kepribadian Big Five anggota ojek pangkalan Pasir Impun secara berurutan dari yang paling dominan adalah extraversion kriteria tinggi, openess to experience kriteria rendah, neuroticism kriteria tinggi, agreeableness kriteria rendah dan conscientiousness dengan persentase sama besar di kedua  kriteria.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11772/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 1121-1125
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 1121-1125
dc.source 2460-6448
dc.subject psikologi
dc.subject Trait Kepribadian Big Five, NEO-PIR, Pangkalan Pasir Impun
dc.subject
dc.subject Trait Kepribadian Big Five, NEO-PIR, Pangkalan Pasir Impun.
dc.title Studi Deskriptif Kepribadian Big Five pada Anggota Ojek Pangkalan Pasir Impun Bandung
dc.title STUDI DESKRIPTIF TRAIT KEPRIBADIAN BIG FIVE PADA ANGGOTA OJEK PANGKALAN PASIR IMPUN BANDUNG
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account