Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Antara Self Control dan Motivasi Bermain Game Online pada Dewasa Awal

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Psikologi
dc.creator Lestari, Indi Dwi
dc.creator Budiman, Agus
dc.date 2019-08-07
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/17119
dc.description Abstract. Now playing online games is a part of millennial life. This has a negative effect on the players especially those who are in early adulthood as students. Online game players have the drive to make them want to continue playing online. This makes them play online games excessively, so self control is needed. This study aims to see how closely the relationship between self control and motivation to play online games in early adulthood who play online games at Immortal Cyber Cafe. The study used a correlational method with 35 subjects. Data collection uses a measure of motivation to play online games from Yee (2006) and self control that refers to Averill's theory (1973). Correlation value of -0.520 with a significance value = 0.001. The results of the study there are negative relationships that are quite close and significant. This means that the lower the self-control of early adults who play online games, the higher the motivation to play online games.Keywords: Self Control, Motivation, Adult. Abstrak. Saat ini bermain game online merupakan bagian di dalam hidup masyarakat milenial. Hal ini membawa efek negatif bagi para pemainnya apalagi yang berada di masa dewasa awal berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa. Pemain game online memiliki dorongan yang membuat ingin terus bermain game online. Hal ini membuat mereka bermain game online secara berlebihan, sehingga dibutuhkan self control. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa erat hubungan antara self control dan motivasi bermain game online pada dewasa awal yang bermain game online di Immortal Cyber Cafe.  Penelitian menggunakan metode korelasional dengan  subjek 35 orang. Pengumpulan data menggunakan alat ukur motivasi bermain game online dari Yee (2006) dan self control yang mengacu pada teori Averill (1973). Nilai korelasi sebesar -0,520 dengan nilai signifikansi= 0,001. Hasil penelitian terdapat hubungan negatif yang cukup erat dan signifikan. Hal ini berarti semakin rendah self control dewasa awal yang bermain game online maka semakin tinggi motivasi bermain game online.Kata kunci : Self Control, Motivasi, Dewasa
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/17119/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 5, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2019); 513-519
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 5, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2019); 513-519
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi
dc.subject Self Control, Motivasi, Dewasa
dc.title Hubungan Antara Self Control dan Motivasi Bermain Game Online pada Dewasa Awal
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account