Universitas Islam Bandung Repository

Usulan Perbaikan Pelayanan Jasa PT. PLN X terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Model Kano dan Metode TRIZ (Teoriya Resheniya Izobreatatelskikh Zadatch)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Teknik
dc.creator Andreas, Willy
dc.creator Renosori, Puti
dc.creator Selamat, Selamat
dc.date 2019-08-10
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/view/18899
dc.description Abstract. PT. PLN in Indonesia develops to meet the needs of the community which has two service, namely postpaid electricity and prepaid electricity. This second program has been opened by the Indonesian people, including in x which is Bandung City, West Java. It is believed that PT PLN X has a number of comfort that increases every month, so it is necessary to design and improve its servants. Data collection was carried out using an open questionnaire and closed questionnaire, to use the KANO model the results obtained were then completed using the TRIZ method (Theory is Resheniya Izobreatatelskikh Zadatch). Based on the results with the Kano model, there are 13 service attributes that are grouped into 3 categories, namely 1 one-dimensional category, 11 interesting categories, and 2 categories must. Then the service attributes that will be improved using the TRIZ method are 3 categories, namely 1 one-dimensional category, 10 interesting categories, and 2 categories must. The solutions provided are checking, maintaining tools, providing tool information, updating websites & social media, ensuring that there are no misunderstandings, reinstalling prepaid electricity token devices, adding electrical appliance security, creating standard operating procedures, looking for buyers who support devices that are interference.Keywords: Service Quality, Kano, TRIZAbstrak. PT. PLN di Indonesia berkembang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, yang memiliki dua pelayanan utama yaitu listrik pascabayar dan listrik prabayar. Kedua pelayanan tersebut sudah dinikmati masyarakat diseluruh Indonesia termasuk dikota Bandung, Jawa Barat, dapat diketahui bahwa PT.PLN X memiliki jumlah keluhan pelayanan yang terus meningkat setiap bulannya, sehingga perlu dilakukan perancangan dan meningkatkan pelayananya. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup, untuk mengidentifikasi menggunakan model KANO hasil yang diperoleh kemudian diselesaikan dengan menggunakan metode TRIZ (Teoriya Resheniya Izobreatatelskikh Zadatch). Berdasarkan hasil identifikasi dengan model Kano yaitu terdapat 13 atribut pelayanan yang dikelompokan 3 kategori yaitu 1 kategori one dimensional, 10 kategori attractive, dan 2 kategori must be. Kemudian atribut pelayanan yang akan ditingkatkan dengan menggunakan metode TRIZ yaitu 3 kategori yaitu 1 kategori one dimensional, 11 kategori attractive, dan 2 kategori must be. Solusi yang diberikan yaitu melakukan pengecekan dan perawatan rutin setiap 6 bulan sekali, membuat panduan informasi khusus yaitu dengan stiker, penambahan petugas & jobdesk admin, melakukan briefing, kabel tahan air dan panas, menambah pengaman ELCB, usulan standard operation procedure, membuat himbauan apabila pagar rumah terkunci dan tidak ada biaya yang dibebankan apapun kepelanggan apabila terjadi kerusakan.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan,Kano, TRIZ
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/view/18899/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Teknik Industri
dc.source Prosiding Teknik Industri; Vol 5, No 2, Prosiding Teknik Industri (Agustus, 2019); 428-436
dc.source Prosiding Teknik Industri; Vol 5, No 2, Prosiding Teknik Industri (Agustus, 2019); 428-436
dc.source 2460-6502
dc.subject Teknik Industri
dc.subject Kualitas Pelayanan,Kano, TRIZ
dc.title Usulan Perbaikan Pelayanan Jasa PT. PLN X terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Model Kano dan Metode TRIZ (Teoriya Resheniya Izobreatatelskikh Zadatch)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account