Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Marketing Public Relations PT.CMNC Melalui Rebranding Produk Jasa Travel Shuttle

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Zahra, Nadia Az
dc.creator Yuningsih, Ani
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:11Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:11Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/7058
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/22948
dc.description Bisnis jasa travel shuttle sekarang ini sudah sangat berkembang terutama di Kota Bandung. Perusahaan jasa travel shuttle di Kota Bandung sangatlah banyak, mulai dari shuttle standar sampai shuttle premium semua tersedia. PT.Cipaganti Cipta Graha merupakan perusahaan pelopor bisnis jasa travel shuttle di Kota Bandung, dengan produknya Cipaganti Travel. Cipaganti Travel dijadikan acuan oleh travel shuttle lain dalam segi unit maupun layanan. Pada tahun 2014 PT.Cipaganti Cipta Graha mengalami penurunan yang sangat besar karena kasus penipuan dan penggelapan dana yang menimpa pemimpin perusahaan yang mengharuskan perusahaan untuk berhenti beroperasi. Pada tahun 2015, PT.Citra Maharlika Nusantara Corpora (CMNC) mengambil alih PT.Cipaganti Cipta Graha dan melakukan rebranding untuk seluruh unit usaha termasuk Cipaganti Travel. Rebranding yang dilakukan meliputi hampir seluruh elemen perusahaan dan menjadikannya seperti perusahaan baru. Rebranding yang dilakukan bertujuan untuk mengembalikan reputasi perusahaan dan juga menyelamatkan perusahaan dari kehancuran. Rebranding yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah rebranding produk Cipaganti Travel yang berubah menjadi MGo Shuttle. Promosi yang dilakukan tidak tidak hanya menarik penjualan namun juga menarik hubungan dengan pelanggan dan memberikan edukasi mengenai produk yang ditawarkan.Dari kasus tersebut peneliti melakukan penelitian mengenai strategi marketing public relations PT.CMNC melalui rebranding produk jasa travel shuttle.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Fokus utama dalam penelitian ini adalah rebranding yang dilakukan dan strategi marketing public relations, three ways strategy yaitu pull,push,pass strategy. Hasil dari penelitian ini adalah proses rebranding yang dilakukan oleh PT.CMNC diawali dari pergantian manajemen, lalu renaming, redesigning, relaunching dan repositioning. Promosi yang dilakukan oleh PT.CMNC adalah dengan mengikuti berbagai event baik itu sebagai pengisi maupun sponsorship, lalu mempromosikannya melalui berbagai media seperti flyer,spanduk,media cetak,radio, televisi dan juga media sosial. Selain melalui media media tersebut, perkenalan produk juga dilakukan langsung kepada konsumen saat melakukan reservasi dan perusahaan juga berusaha untuk mebuat hubungan yang erat dan baik dengan konsumen, hal tersebut dilakukan dengan cara melibatkan konsumen dalam beberapa event dan juga memberikan beberapa promo bagi konsumen.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/7058/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 395-400
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 395-400
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Travel Shuttle, Marketing Public Relations, Rebranding, Studi Kasus.
dc.title Strategi Marketing Public Relations PT.CMNC Melalui Rebranding Produk Jasa Travel Shuttle
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account