Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Marketing Public Relations Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Maulana, Shinta Cynthiawanti
dc.creator Palapah, Maya Amalia Oesman
dc.date 2018-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:26Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:26Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/12752
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23040
dc.description Abstract.West Bandung Regency Government is now aggressively developing existing natural tourism potential. At present, many natural attractions are planned to be developed. The potential of West Bandung is very interesting because of its strategic geographical location. Nowadayas, tourists are likely to visit West Bandung Regency as their destination. This study aims to find out the marketing strategies of PR conducted by the Department of Tourism and Culture of West Bandung Regency in continuing to develop the natural tourism program to be better; as well as the reasons and obstacles encountered in carrying out the strategy. The specific objective of this research is to analyze the marketing strategy of the PR of the West Bandung Regency Tourism and Culture Office in developing natural tourism programs. This research was conducted using qualitative research methods and using a single case study approach. The results shows that the PR Marketing strategy carried out by the Department of Tourism and Culture in developing natural tourism facilities works very well. The concept and tactics of the Marketing PR strategy used are also applied smoothly. This natural tourism destination has the full support of the Department of Tourism and Culture and the manager. This shows that the kind of destination will be countinuosly developing and will not be closed by the local government itself.Keywords: Public Relations, Department of Tourism, Marketing Strategy, natural tourism. Abstrak. Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat kini gencar mengembangkan potensi wisata alam yang ada. Saat ini, banyak sekali tempat wisata alam yang akan dikembangkan. Potensi yang dimiliki oleh Bandung Barat ini sangat menarik karena letak geografis yang sangat strategis. Para wisatawan pun kini banyak mengunjungi Kabupaten Bandung Barat sebagai tempat tujuannya. Hal yang kemudian menarik untuk diteliti adalah strategi-strategi Marketing PR apa sajakah yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat dalam tetap mengembangkan program wisata alam tersebut menjadi lebih baik, serta alasan dan hambatan apa saja yang mereka temui dalam melakukan strategi tersebut. Tujuan khusus penelitian ini ialah untuk menganalisis bagaimana strategi Marketing PR Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat dalam mengembangkan program wisata alam. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Hasil penelitian  menunjukan bahwa strategi Marketing PR yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam mengembangkan wana wisata alam berjalan sangat baik. Konsep dan taktik dari strategi Marketing PR yang digunakan pun berjalan lancar. Wana wisata ini mendapat dukungan penuh dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan maupun pengelola. Ini menunjukkan bahwa wana wisata dapat tetap berkembang bahkan tidak ditutup oleh pemerintah daerah itu sendiri.Kata Kunci: Public Relations, Dinas Pariwisata, Strategi Marketing, wisata alam.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/12752/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2018); 807-813
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2018); 807-813
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Public Relations, Dinas Pariwisata, Strategi Marketing, wisata alam
dc.title Strategi Marketing Public Relations Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account