Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Marketing Public Relations PT Kereta Api Indonesia (PERSERO) dalam Mempromosikan Pembaruan Kereta Ekonomi Rasa Eksekutif

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Ermalinda, Annisa
dc.creator Wiwitan, Tresna
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:32Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:32Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/7079
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23075
dc.description Dengan adanya pembaruan terhadap kereta ekonomi Argo Parahyangan ini merupakan sebuah langkah yang baik yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Adanya pembaruan ini memiiliki tujuan untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna jasa kereta api dan menarik minat masyarakat yang belum menggunakan menjadi menggunakan kereta api ekonomi sebagai salah satu alat transportasi untuk Bandung-Jakarta maupun sebaliknya. Hal ini juga dapat membuat peningkatan jumlah penumpang kereta api ekonomi Argo Parahyangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Marketing Public Relations yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam mepromosikan kereta ekonomi Argo Parahyangan ini dengan focus penelitian mengenai cara pull strategy dalam menarik pengunjung, push strategy dalam mendorong dari sisi pemasaran, dan pass strategy sebagai upaya mempegaruhi atau menciptakan opini publik yang menguntungkan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif, dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, studi kepustakaan dan dokumen. Hasil penelitian berdasarkan analisis hasil wawancara,  dan analisis data, sehingga dapat membuktikan bahwa Public Relations dan Marketing Communications PT Kereta Api Indonesia (Persero) dapat menarik dan mendorong dalam hal pemasaran,  serta  menciptakan opini publik yang menguntungkan melalui strategi Marketing Public  Relations. Hasil penelitian menujukan bahwa kegiatan pull strategy yang dilakukan yaitu berkolaborasi dengan media sosial, cetak, televisi, radiodan  juga membuat iklan layanan masyarakat seperti pemasangan spanduk, banner untuk melakukan publikasi dan promosi agar menarik minat pelanggan, kegiatan push strategy yang dilakukan yaitu dengan berkerjasama dengan B2B (business to business) agar mempermudah dan mendorong para pelanggan dalam tenaga penjualan tiket kereta api, kegiatan pass strategy yang dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan CSR yang sifatnya memberikan bantuan sosial dengan bantuan lepas ataupun memberikan pinjaman modal dengan bunga yang rendah.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/7079/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 408-414
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 408-414
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Pull Strategy, Push Strategy, Pass Strategy
dc.title Strategi Marketing Public Relations PT Kereta Api Indonesia (PERSERO) dalam Mempromosikan Pembaruan Kereta Ekonomi Rasa Eksekutif
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account