Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Promosi Brand Cosmic di Media Sosial Instagram

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Permatasari, Laras
dc.creator Fuady, M E
dc.date 2018-01-27
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:33Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:33Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/10248
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23078
dc.description Abstract. From the past also the city of Bandung has become a fashion shopping destination. The world of fashion is very closely related to the elements of communication.Seeing from the many competition in the world of fashion, especially the distro in the city of Bandung, requires a strategy to be able to maintain a brand, especially Cosmic brand, which uses Markeing Public Relations strategy in social media Instagram. According to RosadyRuslan (2010), the concept of marketing public relations consists of three strategies in implementing the program to achieve the goals, namely: push strategy, pull strategy, and pass strategy. Each of these tactical strategies can help stimulate the existence of Brand Cosmic.In this study, researchers used descriptive method using qualitative data where researchers aimed at describing the situation and events of this study did not seek or explain the relationship, did not test the hypothesis or make predictions. Descriptive research is intended to: (1) collect actual detailed information describing existing symptoms, (2) identify problems or examine prevailing conditions and practices, (3) make comparisons or evaluations, (4) determine what people do others in facing the same problem and learning from their experiences to set future plans and decisions.Pull Strategy Cosmic brand done in social media Instagram about discounts, special rates for member cards, and vouchers. Push Strategy made by Cosmic brand in social media Instagram by giving reward from questionnaire which where followers, promotion from official account line, do promote promote from public figure, which through a public figure is expected to help brand Cosmic better known by public and also able to enhance the image of Cosmic brand itself. Pass Strategy made by Cosmic brand in social media Instagram that is, menggunggah events event sponsorship, event of national day, Corporate Social Responsibility program, and School Of Joy program.Keywords: Marketing Public Relations, Instagram, Promotion MixAbstrak. Dari dulu pula Kota Bandung sudah menjadi tujuan wisata belanja fashion. Dunia fashion sangat erat kaitannya dengan unsur komunikasi.Melihat dari banyak persaingan di dunia fashion, khususnya distro di Kota Bandung, memerlukan strategi untuk dapat mempertahankan sebuah brand, khususnya brand Cosmic, yang menggunakan strategi Markeing Public Relations di media sosial Instagram.Menurut Ruslan (2010), konsep marketing public relations terdiri dari tiga strategi dalam melaksanakan program guna mencapai tujuan, yaitu: push strategy, pull strategy, dan pass strategy.Masing-masing strategi taktik tersebut dapat membantu merangsang keberadaan Brand Cosmic.Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan data kualitatif dimana peneliti bertujuan memaparkan situasi dan peristiwa penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi.Penelitian deskriptif ditujukan untuk : (1) mengumpulkan informasi aktual secara rinci yang melukiskan gejala yang ada, (2) mengidentifikasi masalah atau memeriksa kondisi dan praktek-praktek yang berlaku, (3) membuat perbandingan atau evaluasi, (4) menentukan apa yang dilakukan orang lain dalam mengadapi masalah yang sama dan belajar dari pengalaman mereka untuk menetapkan rencana dan keputusan pada waktu yang akan datang.Pull Strategy yang dilakukan brand Cosmic di media sosial Instagram mengenai potongan harga, harga khusus untuk member card, dan voucher.Push Strategy yang dilakukan brand Cosmic di media sosial Instagram dengan memberikan reward dari kuisioner yang dimana para followers,promosi dari official account Line, melakukan paid promote dari public figure, yang mana melalui seorang public figure diharapkan dapat membantu brand Cosmic lebih dikenal oleh masyarakat luas dan juga mampu meningkatkan citra dari brand Cosmic itu sendiri.Pass Strategy yang dilakukan brand Cosmic di media sosial Instagram yaitu, menggunggah kegiatan-kegiatan event sponsorship, event hari besar nasional, program Corporate Sosial Responsibility, dan program School Of Joy.Kata Kunci: Komunikasi Kelompok, Situasi Komunikasi, Peristiwa Komunikasi, Tindakan Komunikasi
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/10248/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/downloadSuppFile/10248/2011
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2018); 329-334
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2018); 329-334
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Komunikasi Kelompok, Situasi Komunikasi, Peristiwa Komunikasi, Tindakan Komunikasi
dc.title Strategi Promosi Brand Cosmic di Media Sosial Instagram
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account