Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Komunikasi Persuasif dalam Mencitrakan Program Calon Gubernur Jawa Barat Sudrajat dan Syaikhu

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Naufal, Yogascitra
dc.creator Nurrahmawati, Nurrahmawati
dc.date 2019-02-08
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:45Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:45Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/14787
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23146
dc.description Abstract. Sudrajat and Syaikhu are Candidates for the Governor of West Java on June 27, 2018. Sudrajat and Ahmad Syaikhu (ASYIK) are pairs of number 3 candidates promoted by Gerindra, PAN and PKS. According to the results of a survey published by several mass media about this pair number 3, some media stated that this pair number 3 would rank last among them compasses and seconds In fact the wrong prediction phenomena of some of these media were wrong. The fact is that this pair number three Sudrajat and Syaikhu (ASYIK) ranks with 5,691,351 votes (28.33 percent). and Ridwan Kamil and Uu's partner ranked first with 6,671,182 votes (33.21 percent). The movement of the ASYIK student volunteer team is an independent platform initiated by West Javanese youth through a variety of approaches, both cultural, intellectual and actual to realize fair and prosperous West Java in 2018. The ASYIK student volunteer team has a post located on the street Tikukur number 17. With the spirit of youth in West Java represented by Mr. Sudrajat and Mr. Ahmad Syaikhu, they will be able to bring this nation towards a just and sovereign West Java. In this thesis, the author uses qualitative research methods with a case study approach in order to understand the uniqueness of the object under study and explore the main phenomena in the object under study so as to gain deep understanding and find something unique. The technique of collecting data uses in-depth interviews, non-participant observation, literature studies and documentation. The results of this study indicate that the persuasive communication strategy carried out by the ASIK student volunteer team to the target is to approach emotionally first and then introduce ASY to the community and introduce the program, because at that time the electability and popularity were below 3 pairs of other candidates, but when PILGUB June 27, 2018 this ASY couple ranks 2nd.Keywords: ASYIK student volunteersAbstrak. Sudrajat dan Syaikhu adalah Calon Gubernur Jawa Barat pada 27 Juni 2018. Sudrajat dan Ahmad Syaikhu (ASYIK) adalah pasang calon no 3 yang diusung oleh Gerindra, PAN dan PKS. Menurut hasil survey yang dimuat oleh beberapa media massa tentang pasangan nomor urut 3 ini, beberapa media menyatakan bahwa pasangan nomor urut 3 ini akan menempati urutan terakhir diantaranya yaitu kompas dan detik Nyatanya fenomena prediksi yang keliru dari beberapa media ini salah. Faktanya pasangan nomor urut tiga Sudrajat dan Syaikhu (ASYIK) ini menempati urutan dengan memperoleh 5.691.351 suara (28,33 persen).  dan pasangan Ridwan Kamil dan Uu menempati urutan pertama dengan memperoleh  6.671.182 suara (33,21 persen). Gerakan tim relawan mahasiswa ASYIK ialah platform independen yang diinisiasi oleh para pemuda Jawa Barat melalui berbagai pendekatan, baik kultural, intelektual dan aktual untuk mewujudkan Jawa Barat yang adil dan makmur pada tahun 2018. Tim relawan mahasiswa ASYIK ini  mempunyai posko yang bertempat di jalan Tikukur nomor 17. Dengan semangat kepemudaan jawa barat yang direpresentasikan oleh Bapak Sudrajat dan Bapak Ahmad Syaikhu akan mampu membawa bangsa ini menuju Jawa Barat yang adil dan berdaulat. Dalam skripsi ini, penulis mengunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus agar dapat memahami keunikan dari obyek yang diteliti serta mengeksplorasi fenomena utama pada obyek yang diteliti sehingga memperoleh pemahaman yang mendalam dan menemukan sesuatu yang unik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, Observasi non partisipan, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh tim relawan mahasiswa ASYIK kepada targetnya adalah dengan pendekatan secara emosional terlebih dahulu lalu menganalkan ASYIK kepada masyarakat lalu mengenalkan programnya, karena saat itu ASYIK elektabilitas dan popularitas nya dibawah 3 pasang calon lainya, tetapi saat PILGUB 27 juni 2018 pasangan ASYIK ini menempati urutan ke 2. Kata Kunci :  Relawan mahasiswa ASYIK
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/14787/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 5, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2019); 97-102
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 5, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2019); 97-102
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Relawan mahasiswa ASYIK
dc.title Strategi Komunikasi Persuasif dalam Mencitrakan Program Calon Gubernur Jawa Barat Sudrajat dan Syaikhu
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account