Universitas Islam Bandung Repository

KOMODIFIKASI KEMISKINAN DALAM ACARA TELEVISI

Show simple item record

dc.contributor Bidang Kajian Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, UNISBA
dc.creator Khairunnisa, Anis Haifa
dc.creator Baksin, Askurifai
dc.date 2014-09-18
dc.date.accessioned 2019-09-12T03:00:35Z
dc.date.available 2019-09-12T03:00:35Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/7
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23340
dc.description Abstract. Commodification for Mosco described as the transformation of use value to exchange value. It means, an item with no value at all could be transformed as commodities which can be sell in the market. Employing analysis model from John Fiske, this research are focusing on three aspects: the level of reality, representation, and ideology. It is found that: (1) On reality level, the sign of proverty presented clearly in this program, such as the clothes of the main character which looked worn-out, the expression of sadness, house which is not proper for people to live-in, etc. (2) On representative level, some editing technique made this program become more dramatic and affectionate. (3) On ideology level, it is shown clearly that capitalist ideology is so firm with this program. The proverty looked like commodity which has high-value. Characteristic of the audiens  who prefer to receive every information given by media without looking at the background text, being used by the media owner to arrange one product which potential to get any benefit with low budget. By exposing sad story of a poor family, the capitalist could get a greatly benefit.   Keyword : Commodification, Poverty, Semiotics, Television Program Abstrak. Komodifikasi bagi Mosco digambarkan sebagai transformasi nilai guna menjadi nilai tukar, dimana hal yang pada dasarnya tidak bernilai jual ditransformasikan menjadi suatu komoditas yang bisa dijual. Dalam hal ini, kemiskinan yang sering kita saksikan disekitar dijadikan produk media, dan menjadi tontonan populer yang berhasil menarik perhatian, penonton ataupun pengiklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komodifikasi kemiskinan yang terjadi dalam acara  “Orang Pinggiran”. Dengan model analisis John Fiske, penelitian berfokus pada tiga level, yaitu level realitas, representasi dan ideologi. Dalam level realitas, tanda-tanda kemiskinan ditampilkan jelas dalam acara ini, diantaranya pakaian tokoh utama yang terlihat lusuh, ekspresi kesedihan,rumah yang sudah tak layak dll.  Dalam level representasi, teknik-teknik editing mampu membuat tayangan ini menjadi lebih dramatis dan mengharukan. Pada level ideologi, terlihat jelas bahwa ideologi kapitalis sangat erat hubungannya dengan acara ini. Kemiskinan dilihat sebagai komoditas yang bernilai tinggi. Karakteristik khalayak penonton yang cenderung menerima apa adanya tanpa melihat apa yang terjadi di belakang teks, dimanfaatkan oleh para kapitalis dengan merancang suatu produk yang berpotensi meraih keuntungan sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya. Kata Kunci : Komodifikasi, Kemiskinan, Semiotika, Acara Televisi
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Jurnalistik
dc.publisher Prosiding Jurnalistik
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/7/1
dc.source Prosiding Jurnalistik; Vol 1, No 2, Prosiding Jurnalistik (Februari, 2014)
dc.source Prosiding Jurnalistik; Vol 1, No 2, Prosiding Jurnalistik (Februari, 2014)
dc.source 2460-6529
dc.title KOMODIFIKASI KEMISKINAN DALAM ACARA TELEVISI
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Jurnalistik [280]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi konsentrasi Jurnalistik

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account