Universitas Islam Bandung Repository

Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Kurikulum 2013 Di Kelas XI MIA-2 SMA PGII 1 Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Chamanti, Ai Mina
dc.date.accessioned 2015-08-13T04:26:52Z
dc.date.available 2015-08-13T04:26:52Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/238
dc.description.abstract Kualitas gencrasi muda bangsa bcrganiung pada pcndidikan yang diteinpuhnya. Pcndidikan yang paling bcrpengaruh adalah pendidikan formal atau pendidikan sekolah. Pemeriniah dalarn rangka menerapkan pcndidikan yang bermutu. telah menciptakan kurikulum tahun 2013 untuk diterapkan pada sekolah/ madarasah. SMA PGII I Handung merupakan salah satu sekolah swasta yang menerapkan kurikultim 2013 pada seluruh aspek pembelajaran. salah salunya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sebelum menerapkan kurikulum 2013 di sekolah, guru-guru dilatih dcngan cara mengikuti diklat, karena banyak persiapan yang harus dilakukan terkait dengan pelaksanaan kurikulum 2013 khususnya persiapan administratif pembelajaran. Persiapan pengelolaan pcmbelajaran tersebut dapat mempengaruhi keberhasilan kurikulum dalam penerapan pada seluruh aspek pebelajaran yang akan diterapkan, maka diperlukan pengelolaan pembelajaran yang baik di lembaga pcndidikan yang bersangkutan agar tercapai tujuan dan kurikulum tersebut. Berdasarkan kondisi tersebut, mka penulis tertarik untuk dapat meneliti lebih dalam mengenal “Pengelolaan Pembelajarian PU dan Budi Pekerti pada Kurikulum 2013 di kelas XI IlA.2 SMA PGll 1 Bandung.” Tujuan dan penelitian ini adalah: (1) memperoleh data terkait perencanaan pembelajaran PAl dan Budi Pekerti pada kurikulum 2013. (2) mcmperoleh data terkait pelaksanaan pembelajaran PAl dan Budi Pekerti pada kurikulum 2013, dan (3) untuk memperoleh data terkait evaluasi pembelajaran PAl dan Budi Pekerti pada kurikulurn 2013 Metode yang digunakan dalam penelitian in adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif dengan mengkuantifikasi hasil data penelitian. Adapun teknik yang digunakan adalah observasi. wawancara. angket. dan studi dokumentasi. Populasi dan Sampel penelitian adalah 6 orang guru Pendidikan Agama Islam. HAsil dalam penclitian ini adalah: (a) pcrencanaan pembelajaran PAl dan Budi Pekerti pada kurikulum 2013 guru membuat Silahus seria mengembangkannya dalam bentuk Rencana Pelakaksanaan Pembelajaran (RPP). (b) pelaksanaan Pembelajaran PAl dan Budi Pekerti pada kurikulum 2013 meliputi kegiatan pendahuluan salah satu kegiatan pendahuluan guru mengadakan pretest sebelum pembelajaran. kegialan inti yang menggunakan metode proses 5M (Mengamati. Menanya. Mengumpulkan data, Mengasosiasi. dan Mengkomunikasikan hasil) dan kegiatan pelaksanaan diakhiri dengan kegiatan penutup salah satu kegiatan penutup guru mengadakan postest. (C) eva1uasi pembelajaran PAI dan budi Pekerti pada kurikulurn 2013 menggunakan penilian autentik yang meliputi aspek sikap pengetahuan dan keterampilan. Menilai aspek sikap peserta didik saat diskusi dengan lembar observasi sikap. aspek pengetahuan yakni dengan cara instrumen tes tulis maupun lisan dan penugasan sepcrti UTS, UAS dan penugasan harlan. Terakhir guru memberi penilaian terhadap aspek keterampilan melalui tes praktik. penilaian projek dan portofolio yang disesuaikan dengan materi yang telah dipersiapkan sebelumnya. en_US
dc.description.sponsorship 1. Dr. Nan Rahminawati., Drs., M.Pd, 2. A.M.Rasyid., Drs., M.Ag, en_US
dc.publisher Falkultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Pengelolaan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Budi Pekerti Pada Kurikulum 2013 Di Kelas XI MIA-2 SMA PGII 1 Bandung en_US
dc.title Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Kurikulum 2013 Di Kelas XI MIA-2 SMA PGII 1 Bandung en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account