Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Kereta Api Indonesia (Persero)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Ilham, Sandy Aditya Thaufik
dc.creator Rosyad, Udung Noor
dc.date 2018-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:50Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:50Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/12731
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24142
dc.description Abstract. PT Kereta Api Indonesia (Persero) is a transportation services company that manages the railways services assessed can avoid the congestion of the society. In meeting society's mobility, PT Kereta Api Indonesia (Persero) offers several classes namely Executive class and economy for long distance trains, Commuter Line to train a short distance or local. Ground transportation consisting of different types is the primary choice of society in doing the transfer between cities such as bandung and Jakarta. The goal of these researchers is to figure how the strategy of marketing communication in PT Kereta Api Indonesia (Persero) Headquarters Bandung, to find out the steps the strategy of marketing communication PT Kereta Api held a promotion ticket class Executive and economy with varying special prices offered by PT Kereta Api in promoting a train ticket with the aim to attract customers so that customers using the train as a means of transport. The method chosen for conducting research on the strategy of marketing communications is the author of choosing qualitative method with approach case studies. The data obtained through observation, interviews, internet searching, and study of the literature. Key informants researchers are part of the marketing PT Kereta Api Indonesia (Persero) Headquarters in Bandung that add up to 1 person, and the informant of researchers is train customers as much 2 persons. From the results of research conducted by the researchers found that the strategy of marketing communication PT Kereta Api Indonesia (Persero) Headquarters in Bandung through print and electronic media, to pass on the information service of the ease of booking tickets via social media, 121 call center, website www.kereta-api.co.id, KAI acces, brochure, indomart, and the post office. In the interest customers PT Kereta Api Indonesia (persero) more using mass media and cooperation with sales agents and some parties in improving the quality of service to customers with ticket promotions.Keywords: Marketing Strategy, Marketing Communication, Online Media Abstrak. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan perusahaan jasa transportasi yang mengelola jasa perkeretaapian yang dinilai dapat menghindari masyarakat dari kemacetan. Dalam memenuhi mobilitas masyarakat, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) menawarkan beberapa kelas yaitu kelas eksekutif dan ekonomi untuk kereta api jarak jauh, Kereta Rel Diesel (KRD) dan Kereta Rel Listrik (KRL) untuk kereta api jarak dekat atau lokal. Transportasi darat yang terdiri dari berbagai jenis merupakan pilihan utama masyarakat dalam melakukan perpindahan antar kota besar seperti antara Kota bandung dan Jakarta begitu juga sebaliknya. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat bandung, untuk mengetahui langkah-langkah strategi komunikasi pemasaran PT Kereta Api mengadakan promosi tiket klas eksekutif dan ekonomi dengan harga yang berbeda-beda khusus yang ditawarkan oleh PT Kereta Api dalam mempromosikan tiket kereta api dengan bertujuan menarik pelanggan agar pelanggan menggunakan kereta api sebagai alat transportasi darat. Metode yang dipilih untuk melakukan penelitian mengenai strategi komunikasi pemasaran ini penulis memilih metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, internet searching, dan studi pustaka. Key informan penelitinya adalah bagian pemasaran PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung yang berjumlah 1 (satu) orang, dan Informan penelitinya adalah pelanggan kereta api sebanyak 2 (dua) orang. Dari hasil peneliti yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa strategi komunikasi pemasaran PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung melaui media cetak dan media elektronik, untuk menyampaikan informasi pelayanan kemudahan pemesanan tiket melaui media sosial, call center 121, website www.kereta-api.co.id, KAI acces, brosur, indomart, dan kantor pos. Dalam menarik minat pelangganya PT Kereta Api Indonesi (persero) lebih banyak menggunakan media massa dan kerjasama dengan agen-agen penjualan dan bebrapa pihak dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada pelanggan dengan mengadakan promosi tiket.Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Media Online
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/12731/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 765-771
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 765-771
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Marketing Strategy, Marketing Communication, Online Media
dc.title Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account