Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Pelyanan Jasa Samsung Service Center Bandung Electronic Center (BEC) Dalam Melayani Konsumen

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator kayana, ilham
dc.creator Rosyad, Udung Noor
dc.date 2015-08-14
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:01Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:01Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/2150
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24219
dc.description Gerai Service center merupakan salah satu contoh jenis usaha penyedia pelayanan jasa untuk memenuhi dan melayani keluhan atau kebutuhan konsumen yaitu berupa bantuan informasi, layanan perbaikan, layanan retail (eceran), upgrade service dan warranty service. Zaman sekarang handphone sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia guna menunjang kegiatan komunikasinya sehari-hari. Hal ini membuat banyak sekali kasus-kasus kerusakan dari handphone yang dipakai. Seiring dengan tingginya tingkat kerusakan handphone ini, maka jasa perbaikan atau gerai service center pun semakin menjamur. Banyak sekali ditemui perusahaan penyedia jasa service center baik yang resmi atau pun tidak. Melalui studi kualitatif dengan pendekatan studi kasus, peneliti menggunakan model Robert K. Yin yang menganalisis mengenai lima dimensi kualitas pelayanan yaitu reliability, tangible, responsiveness, assurance, empathy. Peneliti ingin mengetahui bagaimana kualitas pelayanan, fasilitas, dan pentingnya pelayanan karyawan kepada konsumen. Dengan memilih objek penelitiannya adalah strategi pelayanan jasa Samsung Service Center BEC. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kualitas pelayanan Samsung service center BEC sangat memuaskan. Mereka memiliki program layanan service face to face, on hour warranty service, ready stock sparepart & accessories yang membuatnya lebih unggul di banding gerai service center lain, karena hanya satu-satunya gerai yang mampu memberikan program tersebut. Kemudian fasilitas juga sangat membuat konsumen merasa nyaman berada disana. Ruangan luas berpendingin (AC), disediakan free minuman (kopi, teh, air mineral) bagi konsumen, TV cable disetiap sudut ruangan, dan wifi dengan koneksi yang cukup cepat. Sedangkan untuk pelayanan karyawan terhadap konsumen di Samsung service center diterapkan SOP yang tinggi, karyawan dituntut untuk menjaga profesionalisme dan efisiensi waktu dalam melayani konsumen.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/2150/pdf
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 1, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2015); 154-158
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 1, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2015); 154-158
dc.source 2460-6537
dc.subject Bidang kajian Manajemen komunikasi fakultas ilmu komunikasi Universitas Islam Bandung
dc.subject Strategi, Pelayanan Jasa, Samsung Service Center, Konsumen
dc.title Strategi Pelyanan Jasa Samsung Service Center Bandung Electronic Center (BEC) Dalam Melayani Konsumen
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account