Description:
Mahasiswa sebagai salah satu aspek terpenting dalam sebuah institusi/lembaga pendidikan, memiliki banyak kebutuhan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan perkuliahan. Kebutuhan tersebut tidak akan efektif jika dilakukan dengan cara manual. Sebagai salah satu jurusan favorit di UNISBA, Manajemen Komunikasi Fikom UNISBA membuat sebuah media informasi yang cepat dan mudah di akses melalui twitteryaitu akun @KMMKunisba.Akun tersebut dibuat sebagai sarana informasi bagi mahasiswa Manajemen Komunikasi Fikom UNISBA.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif pemenuhan kebutuhan kognitif, afektif, integratif personal, integratif sosial, dan pelepasan ketegangan pada mahasiswa dalam penggunaan akun @KMMKunisba pada situs jejaring sosial twitter.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis data deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan MANKOM Fikom UNISBA yang tergabung menjadi followers akun twitter @KMMKunisba. Dengan menggunakan teknik simple random sampling.Dengan jumlah sampel 91 responden dan menggunakan teori uses and gratification.Hasil penelitian ini adalah bahwa motif mahasiswa mengakses akun twitter @KMMKunisba adalah untuk pemenuhan kebutuhan kognitif, afektif, integratif personal, integratif sosial, dan pelepasan ketegangan cukup tinggi.Peneliti menyarankan agar kedepannya akun twitter @KMMKunisba ini bisa menampilkan informasi-informasi lebih banyak lagi dan menambah variasi informasi yang disampaikan guna meningkatkan motif pemenuhan kebutuhan informasi akademik mahasiswa.