Radio broadcasting as a communication media growing very fast and cause a high competition among them. For the purpose in making more audience interest and to maintain its exsistance, radio broadcasting need anunic strategy. Urban FM as a radio broadcasting for young has create “Buronan Urban FM” as a special programme. This programme is the first and original programme in Indonesia. With this programme, Urban FM rating has arised significant. The purpose of this research are to know how “Buronan Urban FM” concept be created in order to make the rating up, to know time allocation of the Buronan Urban FM programme, to know how the special programme is publicated, to know the programme activity is executed and to know how far sponsorbusiness partner interest is up. The research method is case study qualitative research, in this matter the Writer collect datas through live communication with Mr. Fasa Dienislami as a Programme director, Suyanto as a Producer, Fajar Siftiandini as an executive Promotion and Prima Aditya Putra as an Operational PIC. Beside that the data is collected from literature and observation. Based on research result, the Writer found that Urban FM succed in creating Buronan Urban FM as a special, unic and innovative radio programme, succed in broadcast time allocation, effective publication and succed in executing the programme. The Buronan Urban FM caused the Urban FM rating and amount of business partner promotion growing up.
Radio sebagai media massa terus mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menimbulkan persaingan yang semakin ketat antar stasiun radio. Untuk menarik minat para pendengarnya diperlukan suatu strategi yang unik dan menarik agar tetap dapat mempertahankan eksistensinya. Urban FM sebagai salah satu stasiun radio anak muda telah menciptakan satu program khusus Buronan Urban FM yang merupakan program original dan pertama di Indonesia. Dengan program khusus tersebut secara signifikan telah meningkatkan rating Urban FM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep acara program “Buronan Urban FM” dibuat untuk meningkatkan rating Radio Urban 106,3 FM Bandung, untuk mengetahui penempatan waktu siar program khusus “Buronan Urban FM” yang dialokasikan untuk meningkatkan rating radio di Radio Urban 106,3 FM Bandung, untuk mengetahui publikasi program khusus Buronan Urban FM yang dilakukan agar dapat meningkatkan rating di Radio Urban 106,3 FM Bandung, untuk mengetahui kegiatan pelaksanaan program khusus Buronan Urban FM di Radio Urban 106,3 FM Bandung, dan untuk mengetahui dengan adanya program “Buronan Urban FM” minat pengiklan di Radio Urban 106,3 FM Bandung mengalami peningkatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Dalam hal ini, penulis memperoleh data melalui wawancara secara langsung dengan Fasa Dienislami sebagai Program Director, Suyanto sebagai Produser, Fajar Siftiandini sebagai Executive Promotion dan Prima Aditya Putra sebagai PIC Lapangan.Selain itu data juga diperoleh melalui studi kepustakaan dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada saat penelitian, dapat diketahui bahwa Urban FM telah berhasil membuat program Khusus Buronan Urban FM dengan konsep yang unik dan inovatif, menempatkan dalam waktu siar yang tepat, melakukan publikasi yang efektif dan kegiatan pelaksanaan yang telah dipersiapkan secara matang. Dengan keberhasilan pelaksanaannya, program khusus Buronan Urban FM membawa dampak meningkatnya jumlah pendengar, meningkatnya popularitas Urban FM dan meningkatnya rating Urban FM sehingga dapat meningkatkan jumlah pengiklan di Urban FM.