Universitas Islam Bandung Repository

The Influence of Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure toward The Profitability Rate (Emprical Studies on Listed Company (LQ45) in Indonesia Stock Exchange period 2014-2016)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor Universitas Islam Bandung
dc.creator Rukmana, Yulianti Teja
dc.creator Lestari, Rini
dc.creator Fitriah, Epi
dc.date 2017-08-11
dc.date.accessioned 2019-09-12T07:04:35Z
dc.date.available 2019-09-12T07:04:35Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/8439
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24417
dc.description Disclosing the Corporate Social Responsibility (CSR) report in the company’s financial statements is considered to be beneficial such as enhancing reputation or enhancing corporate image. Increased reputation of the company will bring multiple benefits in the long term such as to increase market share, profitability, and corporate value. The purpose of this study are to examine the CSR disclosure of the companies that listed on BEI (LQ45), to examine the profitability rate of the companies that listed on BEI (LQ45), and to analyze the effect between CSR disclosure and profitability rate of the companies that listed on BEI (LQ45). The profitability rate in this study proxied with ROA and ROE. The research method that used was description verification with quantitative approach and using simple linear regression analysis test. Data collection technique that used was literature search. The populations in this study are the companies that listed on Indonesian Stock Exchange (BEI) which is included in the stock index LQ45 list during 2014-2016. The sampling technique that used was purposive sampling so there are 12 companies that fulfill the specified criteria. The results of this study showed that the CSR disclosure on the companies that listed on BEI (LQ45) from 2014 to 2015 the average decreased, while from 2015 to 2016 average increased. The same results happened to profitability rate that proxied by ROA and ROE. There is no effect between CSR disclosure and profitability rate (ROA and ROE).
dc.description Mengungkapkan laporan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam laporan keuangan perusahaan dinilai dapat bermanfaat seperti meningkatkan reputasi dan nama baik atau citra perusahaan. Meningkatnya reputasi perusahaan akan mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda dalam jangka panjang yang berwujud peningkatan pangsa pasar, profitabilitas, dan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengungkapan CSR pada perusahaan yang listed di BEI (LQ45), untuk mengetahui tingkat profitabilitas pada perusahaan yang listed di BEI (LQ45), serta untuk mengetahui pengaruh pengungkapan CSR terhadap tingkat profitabilitas pada perusahaan yang listed di BEI (LQ45). Tingkat profitabilitas dalam penelitian ini diproksikan dengan ROA dan ROE. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan alat uji analisis regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik penelusuran literatur. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang listed di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang termasuk dalam daftar indeks saham LQ45 selama tahun 2014-2016. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sehingga terdapat 12 perusahaan yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR pada perusahaan yang listed di BEI (LQ45) dari tahun 2014 ke 2015 mengalami penurunan, sedangkan dari tahun 2015 ke 2016 rata-rata mengalami peningkatan. Begitu pula dengan tingkat profitabilitas yang diproksikan dengan ROA dan ROE. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR tidak berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas (ROA dan ROE).
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/8439/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Akuntansi
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 3, No 2, Prosiding Akuntansi (Agustus, 2017); 173-182
dc.source Prosiding Akuntansi; Vol 3, No 2, Prosiding Akuntansi (Agustus, 2017); 173-182
dc.source 2460-6561
dc.subject Accounting
dc.subject CSR disclosure, profitability rate, ROA, ROE
dc.subject Akuntansi
dc.subject Pengungkapan CSR, Tingkat Profitabilitas, ROA, ROE
dc.title The Influence of Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure toward The Profitability Rate (Emprical Studies on Listed Company (LQ45) in Indonesia Stock Exchange period 2014-2016)
dc.title Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Tingkat Profitabilitas (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Listed di Bursa Efek Indonesia (LQ45) Tahun 2014-2016)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Quantitative
dc.type Metode Deskriptif dan Verifikatif dengan Pendekatan Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account