Universitas Islam Bandung Repository

Penerapan Etika Bisnis Islami pada Usaha Penjualan Pakaian Wanita di Pasar Andir Trade Center Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ekonomi dan Bisnis
dc.creator Atifah, Nur
dc.creator Amaliah, Ima
dc.creator Riani, Westi
dc.date 2019-08-10
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/18729
dc.description Abstract. Islamic business ethics is a procedure that regulates all forms of business activities based on the law of right or wrong, and Islamic law as the main basis in determining attitudes and behavior in conducting business. Business competition is very tight, making business people have to adjust their business strategies in order to get a large profit. The purpose of this study is to identify and analyze the application of Islamic business ethics values in the sale of women's clothing in Andir Market. The method used is descriptive analysis with a quantitative approach. Data collection was carried out through distributing questionnaires to women clothing traders in Andir Market and consumers. Data processing is done using descriptive statistics. The variable measurement technique uses a Likert scale. The results showed that overall the application of business ethics carried out by women clothing traders in Andir Market had been implemented very well. The value of Islamic business ethics that is very dominant in the sale of women's clothing in Andir Market is the value of Fathanah. This can be seen from the results of the score being in a very high region (> 80%).Keywords: Islamic Business Ethics, Traders, Andir Market Trade Center Abstrak. Etika bisnis Islami adalah tata cara yang mengatur segala bentuk dalam kegiatan bisnis dengan berdasarkan hukum benar atau salah, serta syariat Islami sebagai dasar utama dalam menentukan sikap dan perilaku dalam menjalankan bisnis. Persaingan bisnis yang sangat ketat, membuat para pelaku bisnis harus mengatur strategi bisnisnya agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis penerapan nilai etika bisnis Islami pada penjualan pakaian wanita di Pasar Andir. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada para pedagang pakaian wanita di Pasar Andir dan konsumen. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif . Teknik pengukuran variabel menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan penerapan nilai etika bisnis yang dijalankan oleh para pedagang pakaian wanita di Pasar Andir telah terimplementasikan dengan sangat baik. Nilai etika bisnis Islami yang sangat dominan pada penjualan pakaian wanita di Pasar Andir yaitu nilai Fathanah, Hal ini terlihat dari hasil skor berada diwilayah sangat tinggi (> 80%).Kata kunci: Etika Bisnis Islami, Pedagang, Pasar Andir Trade Center
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/18729/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Ilmu Ekonomi
dc.source Prosiding Ilmu Ekonomi; Vol 5, No 2, Prosiding Ilmu Ekonomi (Agustus, 2019); 366-373
dc.source Prosiding Ilmu Ekonomi; Vol 5, No 2, Prosiding Ilmu Ekonomi (Agustus, 2019); 366-373
dc.source 2460-6553
dc.subject Ilmu Ekonomi
dc.subject Etika Bisnis Islami, Pedagang, Pasar Andir Trade Center
dc.title Penerapan Etika Bisnis Islami pada Usaha Penjualan Pakaian Wanita di Pasar Andir Trade Center Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account