Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Wildan, Wildan
dc.creator Tresnati, Ratih
dc.creator Oktini, Dede R.
dc.date 2017-01-24
dc.date.accessioned 2019-09-13T04:14:37Z
dc.date.available 2019-09-13T04:14:37Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/5711
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/25622
dc.description
dc.description Batik Pekalongan sangat khas karena bertopang sepenuhnya pada ratusan pengusaha kecil, bukan pada segelintir pengusaha bermodal besar. Apa yang dihadapi industri batik pekalongan saat ini mungkin adalah sama dengan persoalan yang dihadapi industri lainnya di Indonesia, terutama yang berbasis pada pengusaha kecil dan menengah. Salah satunya adalah masalah desain dari suatu produk telah menjadi salah satu faktor yang perlu mendapatkan perhatian serius dari manajemen khususnya tim pengembangan produk baru, karena sasaran konsumen yang dituju tidak sedikit yang mulai mempersoalkan masalah desain suatu produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Berdasarkan landasan tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh desain produk terhadap tanggapan konsumen pada Perusahaan Batik Sammy Pekalongan? Peneliti menggunakan metode teknik analisis korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah pengunjung toko Batik Sammy Pekalongan. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling aksidental. Dengan menggunakan rumus slovin diperoleh jumlah sampel penelitian sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai koefisien regresi dari variabel desain produk bernilai 0,780, karena koefisien regresi (0,780) lebih besar dari nol, dan signifikan yang diperoleh sebesar 0,00 lebih kecil dari tingkat signifikannya sebesar 0,05, maka diputuskan untuk menolak Ho sehingga Ha diterima, artinya terdapat pengaruh desain produk terhadap tanggapan konsumen pada Perusahaan Batik Sammy Pekalongan. Dan besarnya pengaruh desain produk terhadap tanggapan konsumen sebesar 0,664 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh desain produk terhadap tanggapan konsumen pada Perusahaan Batik Sammy Pekalongan adalah sebesar 66,4% dan sisanya sebesar 33,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/5711/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 3, No 1, Prosiding Manajemen (Februari, 2017); 259-264
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 3, No 1, Prosiding Manajemen (Februari, 2017); 259-264
dc.source 2460-6545
dc.subject Management
dc.subject Product Design, Consumer Response
dc.subject Manajemen
dc.subject Desain Produk, Tanggapan Konsumen
dc.title
dc.title Pengaruh Desain Produk terhadap Tanggapan Konsumen pada Perusahaan Batik Sammy Pekalongan
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account