Description:
Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Rumah Sakit (RS) Al Ihsan Bandung mengikuti program BPJS. Pada pelaksanaan program BPJS ini, Rumah Sakit Al Ihsan mengalami beberapa masalah. Jumlah pasien yang banyak dan panjang antrian di fasilitas kesehatan terutama rumah sakit menjadi kendala serius kepuasan masyarakat terhadap program BPJS. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana gambaran tingkat kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Al Ihsan Bandung. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan desain potong lintang. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 76 orang. Pengambilan data dilakukan secara consecutive admission sampling. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 35 orang (46%) sangat puas dan sebanyak 41 orang (54%) puas dengan pelayanan yang dilakukan di Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit Al-Ihsan Bandung.