Description:
Abstract. Increasing companies in the food and beverage industry indirectly can cause intense competition between companies. Innovation becomes a weapon needed for companies to be able to survive in the competition. In addition to the innovations needed to be competitive, the company's image for the community also needs to be considered by managing a good environment. Considering that food and beverage industry companies are part of contributors to waste that can damage the environment, it is necessary to have a management that can manage it in terms of the impact on the environment to manage costs. The purpose of this study was to determine the effect of the application of environmental management accounting on product innovation and to determine the magnitude of the influence of product innovation on the competitiveness of companies. The research method used in this study is a survey and verification method with a quantitative approach. Data collection techniques in this study using a questionnaire. The sampling technique in this research is non probability sampling with convenience sampling. Hypothesis testing used is the t test with the results of research that show that the application of environmental management accounting affects product innovation and product innovation influences the company's competitiveness.Keywords: Application of Environmental Management Accounting, Product Innovation, Company Competitiveness Abstrak. Meningkatnya perusahaan di bidang industri makanan dan minuman secara tidak langsung dapat menimbulkan persaingan yang ketat antar perusahaan. Inovasi menjadi suatu senjata yang diperlukan bagi perusahaan untuk dapat bertahan dalam persaingan tersebut. Disamping inovasi yang dibutuhkan untuk dapat bersaing, citra perusahaan bagi masyarakat pun perlu diperhatikan dengan mengelola lingkungan yang baik. Mengingat perusahaan industri makanan dan minuman merupakan bagian dari penyumbang limbah yang dapat merusak lingkungan, perlu adanya sebuah manajemen yang dapat mengelola hal tersebut dari segi dampak kepada lingkungan hingga pengelolaan biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan akuntansi manajemen lingkungan terhadap inovasi produk dan untuk mengetahui besarnya pengaruh pinovasi produk terhadap daya saing perusahaan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penggumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik penentuan sampel pada penelitia ini adalah non probability sampling dengan jenis convenience sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa penerapan akuntansi manajemen lingkungan berpengaruh terhadap inovasi produk dan inovasi produk berpengaruh terhadap daya saing perusahaan.Kata Kunci: Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan, Inovasi Produk, Daya Saing Perusahaan