Universitas Islam Bandung Repository

Penerapan Permainan Kantong Rahasia untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Anak Kelompok A di TK Nurul Huda

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Tianawati, Iyus
dc.creator Erhamwilda, Erhamwilda
dc.creator Inten, Dinar Nur
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20167
dc.identifier 10.29313/.v0i0.20167
dc.description Abstract. This research is motivated by early numeracy skills of children in group A at TK Nurul Huda is still low. Most children are not able to recognize the concept of a lot of little and concept of numbers, not been able to count objects and recognize the emblem numbers 1-10. The purpose of this research to reveal the secret bag game application to improve early numeracy skills of children in group A at TK Nurul Huda. The method used is classroom action research methods. Subject Research as many as 10 children. Data collection technique used observation, documentation and performance, while the class action research data analysis using qualitative descriptive. The result of the application of classroom action research secret pockets in group A at TK Nurul Huda showed an increase in each cycle, the pre-cycle achieve 58% These results demonstrate the ability of children is still low initial count has not reached the indicator of success in charge of 85%. In the first cycle after the implementation of the secret bag game in Group A at TK Nurul Huda get a yield of 74%. To obtain optimal results do the second cycle of the results reached 88%. Thus these results demonstrate the applicability of the secret bag game can improve children's early numeracy skills in group A at TK Nurul Huda. To obtain optimal results do the second cycle of the results reached 88%. Thus these results demonstrate the applicability of the secret bag game can improve children's early numeracy skills in group A at TK Nurul Huda. To obtain optimal results do the second cycle of the results reached 88%. These results demonstrate the applicability of the secret bag game can improve children's early numeracy skills in group A at TK Nurul Huda.Keywords: Games, Pockets Secret, Early Numeracy Capabilities.Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berhitung awal anak kelompok A di TK Nurul Huda masih rendah. Sebagian anak belum mampu mengenal konsep banyak sedikit dan konsep bilangan, belum mampu membilang benda 1-10 dan mengenal lambang bilangan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui gambaran penerapan permainan kantong rahasia untuk meningkatkan kemampuan berhitung awal anak  kelompok A di TK Nurul Huda. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek Penelitian yaitu sebanyak 10 anak. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan unjuk kerja, sedangkan analisis data penelitian tindakan kelas ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas penerapan kantong rahasia pada kelompok A di TK Nurul Huda menunjukkan peningkatan di setiap siklusnya, pada pra siklus mencapai hasil 58%, hasil ini menunjukkan kemampuan berhitung awal anak masih rendah belum mencapai indikator keberhasilan yang di tetapkan sebesar 85%. Pada siklus I setelah diterapkannya permainan kantong rahasia pada anak Kelompok A di TK Nurul Huda mendapatkan hasil sebesar 74%. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dilakukan tindakan siklus II hasilnya mencapai 88%. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan penerapan permainan kantong rahasia dapat meningkatkan kemampuan berhitung awal anak kelompok A di TK Nurul huda. Kata Kunci:  Permainan, Kantong Rahasia, kemampuan Berhitung Awal  
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20167/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 30-34
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 30-34
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Permainan, Kantong Rahasia, kemampuan Berhitung Awal
dc.title Penerapan Permainan Kantong Rahasia untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Anak Kelompok A di TK Nurul Huda
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account