Universitas Islam Bandung Repository

Meningkatkan Disiplin Belajar Anak Usia Dini di melalui Metode Pembiasaan Kelompok Bermain Sinar Kenanga

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Nurlatifah, Emi
dc.creator Surana, Dedih
dc.creator Khambali, Khambali
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20488
dc.identifier 10.29313/.v0i0.20488
dc.description Abstract. Emi Nurlatifah (10030216016), title: "Improving Early Childhood Learning Discipline Through Habituation Methods in the Sinar PlayGroup". The aim of this research is to improve the discipline of early childhood learning through habituation methods. The study was conducted in the Sinar Kenanga Play Group, in Sekepeer Kota Bandung in October and December 2019 in two cycles. Each cycle is once a meeting with 150 minutes. The study was conducted by applying the discipline of learning through the habituation method. The research results show that the results of learning discipline increase from cycle to cycle. Increased learning discipline behavior is followed by increased knowledge about learning discipline. After cycle I. Children who get a score of 5 (very good) reaches 27% or five children. The difference is in the results of observations of the discipline of children's learning behavior there are still three children who score 2 (not good), whereas in the learning discipline interview data that scores 2 only one person and no one gets a score of 1 (not good).. So there is no need for action in the next cycle.Keywords: Habituation Method, Learning Discipline, Early Childhood Abstrak. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinnan belajar anak usia dini melalui metode pembiasaan.Penelitian dilaksanakan di Kelompok Bermain Sinar Kenanga, di Sekepeer Kota Bandung pada bulan Oktober dan Desember  2019 dalam dua siklus. Tiap siklus sekali pertemuan dengan waktu 150 menit. Penelitian dilakukan dengan menerapkan kedisiplinan belajar melalui metode pembiasaan. Penerapan metode pembiasaan dapat meningkatkan disiplin belajar anak usia dini di Kelompok Bermain Sinar Kenanga. Hal ini ditandai oleh peningkatan kedisiplinan dan dapat diketahui adanya peningkatan pengetahuan tentang disiplin belajar anak yang signifikan jika dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus I, anak yang mendapatkan skor 5 (sangat baik)  hanya. 27% atau lima anak. Pada siklus II, anak yang mendapat skor 5 (sangat baik) mencapai 50% atau sembilan anak  dan skor 4 (baik) mencapai 50% atau sembilan  orang. Lebih dari itu, setelah siklus II tidak ada lagi anak yang mendapat skor 3 (cukup baik), skor 2 (kurang baik), dan skor 1 (tidak baik).Kata Kunci : Metode Pembiasaan, Kedisiplinan Belajar, Anak Usia Dini
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20488/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 91-96
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 91-96
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Metode Pembiasaan, Kedisiplinan Belajar, Anak Usia Dini
dc.title Meningkatkan Disiplin Belajar Anak Usia Dini di melalui Metode Pembiasaan Kelompok Bermain Sinar Kenanga
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account