Universitas Islam Bandung Repository

Tinjauan Prinsip Etika Bisnis Islam dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap Praktik Jual Beli Bensin pada Pom Mini

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Lisnawati, Iis
dc.creator Suprihatin, Titin
dc.creator Eprianti, Nanik
dc.date 2020-07-26
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:16:03Z
dc.date.available 2021-03-15T03:16:03Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/21944
dc.identifier 10.29313/syariah.v6i2.21944
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28065
dc.description Abstract. Business activities are not only done solely to achieve worldly happiness, but also to achieve happiness in the hereafter. In business activities honest and fair behavior is very important so that no party feels disadvantaged. The business of buying and selling gasoline at the mini pump in Cijunti Village, Campaka District, has a discrepancy in the amount of gasoline. The purpose of this study is to know the review of Islamic business ethics principles and Act No. 8 of 1999 concerning consumer protection against the practice of buying and selling gasoline at mini pumps in Cijunti Village, Campaka District. This research method is qualitative. The data source used is primary data in the form of interviews and secondary data in the form of library research. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study are two out of three sellers are in compliance, there is one seller who is not in accordance with the principles of Islamic business ethics, namely the principle of equilibrium and the principle of responsibility. Referring to Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection Article 8 letter (c) businesses are prohibited from reducing the dose and Article 4 letter (c) consumers are entitled to obtain clear and honest information.Key words: Islamic Business, Selling Buying, Gasoline. Abstrak. Kegiatan bisnis tidak hanya dilakukan semata-mata untuk menggapai kebahagiaan duniawi saja, tetapi juga dilakukan untuk mencapai kebahagiaan akhirat. Dalam kegiatan bisnis perilaku jujur dan adil merupakan hal yang sangat penting supaya tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Bisnis jual beli bensin di pom mini di Desa Cijunti Kecamatan Campaka terdapat ketidaksesuaian takaran bensin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui tinjauan prinsip etika bisnis Islam dan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap praktik jual beli bensin pada pom mini di Desa Cijunti Kecamatan Campaka. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa studi kepustakaan (library research). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dua dari tiga penjual telah sesuai, terdapat satu penjual yang tidak sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam, yaitu pada prinsip keseimbangan (equilibrium) dan prinsip tanggung jawab (responsibility). Mengacu pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 8 huruf (c) pelaku usaha dilarang mengurangi takaran dan Pasal 4 huruf (c) konsumen berhak mendapatkan informasi yang jelas dan jujur.Kata Kunci : Etika Bisnis, Jual Beli, Bensin.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/21944/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 6, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2020); 122-125
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 6, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2020); 122-125
dc.source 2460-2159
dc.source 10.29313/syariah.v6i2
dc.subject Hukum Ekonomi Syariah
dc.subject Etika Bisnis, Jual Beli, Bensin.
dc.title Tinjauan Prinsip Etika Bisnis Islam dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap Praktik Jual Beli Bensin pada Pom Mini
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account