Universitas Islam Bandung Repository

Implementasi Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Guru PAUD

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Rahayu, Yuni
dc.creator Suhardini, Asep Dudi
dc.creator Rachmah, Huriah
dc.date 2020-08-21
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:23:23Z
dc.date.available 2021-03-15T03:23:23Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/22720
dc.identifier 10.29313/.v6i2.22720
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28158
dc.description Abstract. This writing aims to find out 1)the competence of teachers at the Paud DewiSartika Bandung, 2) the role of the principal in increasing the competence of the Paud teacher at the Paud Dewi Sartika Bandung, 3) the obstacles of the principal in incresing the competence of the Paud teacher at the paud Dewi sartika Bandung post. This research is a qualitative. With data collection techniques in the form of observation, interviews, ang documenttation studies, with an emphasis on the source of informant data of school principals and teacher to strengthen the validaty of the data obtained. from the results of this study revealed three findings, namely 1)the comptence of the teachers at the paud Dew sartika Bandung, 2) the role of the principal in increasing the competence of the Paud teacher at Paud Dewi sartika Bandung, 3) the obstacles of the principal in increasing the completence of the Paud teacher at the Paud Dewi sartika Bandung. From the explanation above, it can be concluded that the role of the principal at the copetence of paud teacher, thepaud post dewi sartika bandung, involve the teachers through training (education and traing), seminars, workshop and other educational activities, as well as establishing relationships with subdistrict associotions to be able to track the progress of teclonogy and communicationsdevelopment of paud and keep up with progress by learning from various sources such as electronic media and knowledge from peers.Keywords: implenmentaion of the role of principal, the role compentence of the paud teacherAbstrak. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi guru di Pos Paud Dewi Sartika Kota Bandung, (2) Peran kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru paud di Pos Paud Dewi Sartika Bandung, (3) Hambatan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru paud di Pos Paud Dewi Sartika Bandung. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi, dengan menitikberatkan sumber data informan: Kepala sekolah dan Guru untuk mengokohkan keabsahan data yang diperoleh.  Dari hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1)untuk mengetahui kompetensi guru paud di Pos Paud Dewi Sartika Kota Bandung, (2) untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru paud di Pos Paud Dewi Sartika Bandung, (3) Untuk mengetahui hambatan upaya kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru paud di Pos Paud Dewi Sartika Bandung . Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan peran kepala sekolah dalam  peningkatan kompetensi guru paud, kepala sekolah Pos Paud Dewi Sartika Bandung,  mengadakan supervisi kunjungan kelas, mengikutsertakan para gurunya melalui pelatihan-pelatihan (diklat), seminar-seminar, workshop dan kegiatan pendidikan lainnya, dan menjalin hubungan dengan himpunan Pendidikan anak usia dini kecamatan, untuk dapat mengetahui kemajuan perkembangan teknologi dan komunikasi pengembangan PAUD, serta mengikuti kemajuan dengan belajar dari berbagai sumber misalnya media elektronik dan pengetahuan dari teman sejawat.Kata Kunci: Implementasi Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Guru PAUD
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/22720/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 164-167
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 164-167
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Implementasi Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Guru PAUD
dc.title Implementasi Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Guru PAUD
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account