Universitas Islam Bandung Repository

Implikasi Pendidikan Kenabian Nabi Musa dalam Q.S. Thaha Ayat 14

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Purnama, Aysah
dc.creator Subiantoro, Eko
dc.creator Inten, Dinar Nur
dc.date 2020-08-24
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:31:09Z
dc.date.available 2021-03-15T03:31:09Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/23558
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23558
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28206
dc.description Abstract. This research is motivated by the phenomenon of shirk behavior which is still mostly done by the community, especially Muslims. The main commandment for humans, especially Muslims, is to monotheate Allah. Worship is then called worship if it is accompanied by true aqeedah. This background statement encourages the need to analyze any of verses of tauhidullah, one of which is the Qur’an Chapter Thaha verse 14. The purpose of this study is to: (1). To find out how the Mufassir think about the contents of the Qur’an Chapter Thaha verse 14, (2). To find out the essence contained in the contents of Qur’an Chapter Thaha verse 14, (3). To find out how the experts think about the prohibition of associating partners with God, and (4). To find out how the educational implications of Prophet Moses’s Prophecy in Qur’an Chapter Thaha Verse 14.This research used a qualitative approach and the method used is descriptive analytic, with the method of interpreting is tahlily through library research techniques (Library Research), the research which the main object is from the Qur'an, books and published writings, and other sources related to this problem.This study concludes, that is: that in Qur’an Chapter Thaha verse 14 there is a real appeal that the first obligation which is imposed on the believers is to know that there is none worthy of worship but Allah alone, and that he has no partners, only worship and ask The One and Only God for help, and the command to pray in order to remember Allah. The Essence of Qur’an Chapter Thaha verse 14 is, (1). God wants humans to know Him as Rabb(God), (2). God forbids humans to worship other than to Him alone, and (3). Shirk is a greatest sin that God will not forgive. The Educational Implications of Qur’an Chapter Thaha verse 14 concerning the prohibition on associating partners with God, that is: (1). Increasing Taqwa to Allah Subhanahu Wa Ta'Ala with a feeling of khauf / fear of Allah that is carrying out His commands and does not violate His prohibitions, (2). Get to know God by contemplating all of His creations and His words, (3). Carry out God's Commandments, (4). Increase the Remembrance of Allah through dhikr and prayers, and (5). Stay away from shirk by staying away from things that will fall into shirk.Keywords: Prohibitions, Associating partners with God, Educational Implications of Qur’an Chapter Thaha verse 14Abstrak. Penelitian inidilatar belakangi oleh fenomena perilaku syirik yang masih banyak dilakukan oleh masyarakat khususnya muslim. Perintah yang utama bagi manusia terutama seorang muslim adalah mentauhidkan Allah. Ibadah barulah dinamakan ibadah jika disertai dengan aqidah yang benar. Pernyataan latar belakang ini mendorong kepada perlunya menganalisis ayat-ayat tauhidullah, salah satunya QS. Thaha: 14. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1). Untuk mengetahui bagaimana pendapat para mufasir tentang isi kandungan QS. Thaha ayat 14, (2). Untuk mengetahui esensi yang terkandung dalam isi QS. Thaha ayat 14, (3). Untuk mengetahui bagaimana pendapat para ahli tentang larangan menyekutukan Allah, dan (4). Untuk mengetahui bagaimana implikasi pendidikan kenabian Nabi Musa dalam QS. Thaha ayat 14.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitafif dan metode yang digunakan adalah deskriptif analisis, dengan metode penuangan tafsir tahlily melalui tehnik studi kepustakaan (Library Research), yaitu penelitian yang objek utamanya dari Al-Qur’an, buku-buku dan tulisan-tulisan yang dipublikasikan, dan sumber lain yang berkaitan dengan permasalahan ini.Penelitian ini diperoleh kesimpulan, yaitu: bahwa dalam QS. Thaha: 14 terdapat seruan sesungguhnya kewajiban pertama yang dibebankan kepada orang mukallaf ialah mengetahui, bahwa tidak ada Tuhan selain Allah semata, dan Dia tidak mempunyai sekutu, hanya boleh menyembah dan memohon pertolongan kepada Allah saja, dan perintah melaksanakan shalat dalam rangka mengingat Allah. Esensi QS. Thaha: 14 adalah, (1). Allah ingin manusia mengenal-Nya sebagai Rabb, (2). Allah melarang manusia untuk beribadah selain kepada Allah, dan (3). Syirik merupakan dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah. Implikasi Pendidikan dari QS. Thaha: 14 mengenai larangan menyekutukan Allah, yaitu: (1). Meningkatkan Taqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’Ala dengan perasaan khauf/takut kepada Allah yakni melaksanakan perintah-Nya dan tidak melanggar larangan-Nya, (2). Mengenali Allah dengan merenungkan semua ciptaan-Nya dan firman-Nya, (3). Melaksanakan Perintah Allah, (4). Memperbanyak Mengingat Allah dengan beristighfar dan shalat, dan (5). Menjauhi kesyirikan dengan menjauhi hal-hal yang akan terjatuh dalam kesyirikan.Kata Kunci: Larangan, Menyekutukan Allah, Implikasi Pendidikan Qur’an Surat Thaha ayat 14
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/23558/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 108-112
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 108-112
dc.source 2460-6413
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Larangan, Menyekutukan Allah, Implikasi Pendidikan Qur’an Surat Thaha ayat 14
dc.title Implikasi Pendidikan Kenabian Nabi Musa dalam Q.S. Thaha Ayat 14
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account