Universitas Islam Bandung Repository

Study Deskriptif Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai-nilai Qur’ani di SD Ar-Rafi Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Rosiyana, Rosiyana
dc.creator Hayati, Fitroh
dc.creator Khambali, Khambali
dc.date 2021-01-22
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:31:09Z
dc.date.available 2021-03-15T03:31:09Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/26369
dc.identifier 10.29313/.v7i1.26369
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28210
dc.description Abstrack. Integration learning is the merging of several subjects into one pad. The integration of learning between science and the Qur'an has been done at SD Ar-Rafi Bandung. The learning is an application of the school curriculum based on aqidah. The purpose of this research is to know: (1) Planning of science learning integrated Qur'ani values at SD Ar-Rafi Bandung, (2) Implementation of science learning integrated Qur'ani values at SD Ar-Rafi Bandung, (3) Evaluation of science learning integrated Qur'ani values at SD Ar-Rafi Bandung. The approach carried out in this research uses qualitative approach with descriptive method. Data collection techniques used in the form of in-depth interviews and documentation studies. The results of the research obtained on the planning of integrated science learning Qur'ani values were made involving science teachers and PAI in determining the paragraphs on the material. The implementation is done by reading and explaining Q.S Al-Mu'minun verse 14 by associating with the material subthema sceletons (motion system). Evaluation is done at the end of the material chapter, assessment in the form of writing exams, google forms, and videos.Keywords: Science learning, integration, The Qur'anAbstrak. Pembelajaran integrasi merupakan penggabungan  beberapa mata pelajaran menjadi satu kepaduan. Integrasi pembelajaran antara IPA dan Al-Qur’an telah dilakukan di SD Ar-Rafi Bandung. Pembelajaran tersebut merupakan aplikasi dari kurikulum sekolah yang berbasis aqidah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Perencanaan pembelajaran IPA terintegrasi nilai-nilai Qur’ani di SD Ar-Rafi Bandung, (2) Pelaksanaan pembelajaran IPA terintegrasi nilai-nilai Qur’ani di SD Ar-Rafi Bandung, (3) Evaluasi pembelajaran IPA terintegrasi nilai-nilai Qur’ani di SD Ar-Rafi Bandung. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan  berupa wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang di peroleh mengenai perencanaan pembelajaran IPA terintegrasi nilai-nilai Qur’ani dibuat melibatkan guru IPA dan PAI dalam menentukan ayat pada materi. Pelaksanaan dilakukan dengan membacakan dan menjelaskan Q.S Al-Mu’minun ayat 14 dengan mengkaitkan dengan materi  subtema sceletons (sistem gerak). Evaluasi dilakukan pada akhir bab materi, penilaian dalam bentuk ujian tulis, google form, dan video.Kata Kunci : Pembelajaran IPA, integrasi, Al-Qur’an 
dc.language id
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/downloadSuppFile/26369/5037
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 7, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2021); 91-95
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 7, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2021); 91-95
dc.source 2460-6413
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Pembelajaran IPA, integrasi, Al-Qur’an
dc.title Study Deskriptif Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai-nilai Qur’ani di SD Ar-Rafi Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account