Universitas Islam Bandung Repository

Implementasi Pembelajaran Membaca Kitab Kuning melalui Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Yusuf, Maulana
dc.creator Surana, Dedih
dc.creator Rahminawati, Nan
dc.date 2020-08-25
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:31:09Z
dc.date.available 2021-03-15T03:31:09Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/23817
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23817
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28213
dc.description Abstract. Kitab Kuning or turats is one of the sources of learning in boarding schools after the Al-Qur'an and Hadith. At the Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic boarding school, there is an accelerated program to read the yellow book with the method that adapts to the times, namely the Active, Creative, Effective and Fun Learning (PAKEM) method. PAKEM is used as a learning method instead of the methods commonly used in Islamic boarding schools in general. This is the basis for knowing how to implement yellow book learning through PAKEM at the Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic boarding school. This research aims to: 1) find a philosophical foundation in learning the kitab kuning through Pakem, 2) identify learning activities that are included in the preliminary activities on the kitab kuning learning through PAKEM, 3) group learning activities that are included in the core activities, 4) identify the closing activities in learning the kitab kuning  through PAKEM. This type of research uses a descriptive analytic method with a qualitative approach. The data collection technique is done by interview / interview, observation, and documentation. The result of this research is that the philosophical foundation of the Kitab kuning learning through PAKEM is to maintain good values and be able to explore better values as a form of idealism educational philosophy. In all activities from the beginning, the core, and the closing, PAKEM has been implemented effectively and has been able to provide a positive influence in the form of increasing students' interest in learning and reading the yellow book effectively and efficiently.Keywords: Philosophical, Kitab Kuning Learning & PAKEM Method Abstrak. Kitab kuning atau turats termasuk salah satu sumber pembelajaran di pondok pesantren setelah Al-Qur’an dan Hadits. Di pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-bata, ada sebuah program akselerasi membaca kitab kuning yang metodenya menyesuaikan dengan zaman, yakni metode Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). PAKEM dijadikan metode pembelajaran sebagai ganti dari metode-metode yang biasa dilakukan di pondok pesantren pada umunya. Hal ini menjadi dasar untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran kitab kuning melalui PAKEM di pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan landasan filosofis dalam pembelajaran kitab kuning melalui Pakem, 2) mengidentifikasi kegiatan pembelajaran yang masuk dalam kegiatan pendahuluan pada pembelajaran kitab kuning melalui PAKEM, 3) mengelompokkan kegiatan pembelajaran yang masuk dalam kegiatan inti, 4) mengidentifikasi kegiatan penutup dalam pembelajaran kitab kuning melalui PAKEM. Jenis Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik  dengan pendekatan  kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara/interview, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu landasan filosofis pembelajaran kitab kuning melalui PAKEM adalah tetap mempertahankan nilai baik serta mampu menggali nilai yang lebih baik sebagai wujud dari filsafat pendidikan idealisme. Dalam semua kegiatan mulai awal, inti, dan penutup, PAKEM sudah efektif diimplementasikan dan mampu memberikan pengaruh positif berupa peningkatan minat belajar santri serta kemampuan baca kitab kuning secara efektif dan efisien.Kata Kunci: Filosofis, Pembelajaran Kitab Kuning, dan Metode PAKEM 
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/23817/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 135-140
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 135-140
dc.source 2460-6413
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Filosofis, Pembelajaran Kitab Kuning, dan Metode PAKEM
dc.title Implementasi Pembelajaran Membaca Kitab Kuning melalui Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account