Description:
Abstract. Teachers are important things that must be considered in order to create conducive, effective and efficient educational conditions so as to produce graduates with special personalities. The recent phenomenon of teachers or students shows things that are not in accordance with the norms in the world of education. One of the cases of a teacher was a teacher who was reported to the authorities by the student’s parents regarding acts of violence against their child. In addition, there are also those found in the media, both electronic media and printed media, which show cases that befell a teacher. Al-Qur’an is the source of life that is valid forever. In it contains scientific ideas that regulate all problems and needs of humans including one of which is a discussion of the role and personality of the teacher which is contained in the Al-Qur’an Surah Ali Imran verse 159. This study aims to determine the differences in opinion of the commentators regarding the contents of the content contained in the QS. Ali Imran verse 159, knows the essence of education contained in QS. Ali Imran verse 159, classifies differences in opinion of experts about teacher personality competence, and finds out what implications can affect teacher personality based on education QS. Ali Imran verse 159. The teacher's personality is in the spotlight as well as an example for students, so that in the education process the teacher acts as a figure who is used as an example by his students. On that basis, teachers should have a capable and adequate personal character so that they can become good figures and be able to carry out their roles and functions. The method used in this research is a qualitative method using library research techniques by analyzing the Qur’an using commentary books accompanied by a survey of literature related to the problem observed and the tahlili method, namely explaining mufradat, sentence connotations, asbabun. nuzul and the opinions of the commentators. After the data is collected, the writer will analyze it based on the procedures that must be followed. The results of the study showed that, 1) The personality of a gentle attitude, forgiving, praying, deliberating in solving problems, trusting in the help of Allah Swt. 2) The implication of the concept of education according to the Al-Qur’an surah Ali Imran verse 159 is that the teacher must teach with attention to the personality or attitude of students.Keywords: Education, Implications, Teacher Personality, QS. Ali Imran verse 159. Abstrak. Guru merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam rangka menciptakan kondisi pendidikan yang kondusif, efektif dan efisien sehingga melahirkan lulusan yang memiliki kepribadian yang istimewa. Fenomena guru atau siswa yang sudah terjadi belakangan menunjukkan hal yang tidak sesuai dengan norma di dunia pendidikan. Salah satu kasus seorang guru adalah guru yang dilaporkan ke pihak berwajib oleh orang tua murid terkait dengan tindakan kekerasan terhadap anaknya. Selain itu ada juga yang terdapat pada media, baik media elektronik maupun media cetak yang menunjukkan kasus-kasus yang menimpa seorang guru. Al-Qur’an merupakan sumber kehidupan yang berlaku sampai kapanpun. Di dalamnya memuat ide-ide ilmiah yang mengatur segala persoalan dan kebutuhan manusia termasuk salah satu diantaranya adalah pembahasan mengenai peran dan kepribadian guru yang termaktub dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 159. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pendapat mufasir mengenai isi kandungan yang terdapat dalam QS. Ali Imran ayat 159, mengetahui esensi pendidikan yang terkandung dalam QS. Ali Imran ayat 159, mengklasifikasi perbedaan pendapat para ahli tentang kompetensi kepribadian guru, dan mengetahui implikasi apa saja yang dapat mempengaruhi kepribadian guru berdasarkan pendidikan QS. Ali Imran ayat 159. Kepribadian guru menjadi sorotan sekaligus contoh bagi murid, sehingga dalam proses pendidikan guru berperan sebagai figur yang dijadikan tauladan oleh murid-muridnya. Atas dasar itu, sudah semestinya guru memiliki karakter pribadi yang cakap dan memadai sehingga dapat menjadi figur yang baik dan mampu melaksanakan peran dan fungsinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik library research dengan cara menganalisis Al-Qur’an dengan menggunakan kitab-kitab tafsir disertai dengan survei terhadap literatur yang berkaitan dengan masalah yang diamati dan metode tahlili yaitu menjelaskan mufradat, konotasi kalimat, asbabun nuzul serta pendapat-pendapat mufassir. Setelah data terkumpul, penulis akan menganalisis dengan didasarkan kepada prosedur yang harus dijalani. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, 1) Kepribadian sikap lemah lembut, memaafkan, mendo’akan, bermusyawarah dalam menyelesaikan persoalan, bertawakkal dan yakin akan pertolongan Allah Swt. 2) Implikasi dari konsep pendidikan menurut Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 159 adalah guru harus mengajar dengan memperhatikan kepribadian atau sikap terhadap siswa.Kata Kunci: Pendidikan, Implikasi, Kepribadian Guru, QS. Ali Imran ayat 159.