Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Stres Akademik dengan Subjective Well-Being pada Mahasiswa Tingkat Akhir

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Psikologi
dc.creator Sutalaksana, Dony Anggara
dc.creator Kusdiyati, Sulisworo
dc.date 2020-08-25
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:36:57Z
dc.date.available 2021-03-15T03:36:57Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/23629
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23629
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28498
dc.description Abstract.The final year student demand is to complete their final project/essay in order to get a bachelor's degree. However, the implementation will take pressure that causes academic stress. Academic stress arises because of the inability of students to face academic demands. This academic stress can result in students having a low evaluation of life satisfaction or what is commonly known as subjective well-being. The purpose of this study was to obtain a description of academic stress, a picture of subjective well-being, and the relationship between academic stress and subjective well-being in final year students in Bandung. The method used is associational correlational with a sample of 414 people based on purposive sampling technique. The data analysis technique used correlation Spearman. The results showed that there was a negative relationship, namely high academic stress, low subjective well-being , and vice versa.Keywords: Academic Stress, Final-year Students, Subjective Well-BeingAbstrak. Tuntutan mahasiswa tingkat akhir yaitu untuk menyelesaikan tugas akhir/skripsinya agar mendapatkan gelar sarjana. Namun dalam pelaksanaannya akan menempuh tekanan yang menyebabkan stres akademik. Stres akademik muncul karena ketidakmampuan mahasiswa dalam menghadapi tuntutan akademik. Stres akademik ini dapat mengakibatkan  mahasiswa memiliki evaluasi terhadap kepuasan hidup yang rendah atau yang biasa disebut dengan subjective well-being. Tujuan penilitian ini adalah  memperoleh gambaran mengenai stres akademik, gambaran mengenai subjective well-being, serta hubungan stres akademik dan subjective well-being pada mahasiswa tingkat akhir di Kota Bandung. Metode yang dilakukan adalah korelasional asosiasional dengan sampel sebanyak 414 orang berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yaitu stres akademik tinggi maka subjective well-being rendah, begitu juga sebaliknya.Kata Kunci: Mahasiswa Tingkat Akhir, Stres Akademik, Subjective Well-Being.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/23629/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 6, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2020); 594-598
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 6, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2020); 594-598
dc.source 2460-6448
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Psikologi
dc.subject Mahasiswa Tingkat Akhir, Stres Akademik, Subjective Well-Being.
dc.title Hubungan Stres Akademik dengan Subjective Well-Being pada Mahasiswa Tingkat Akhir
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account