Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Loneliness terhadap Online Impulsive Buying pada Mahasiswa Universitas Islam Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Psikologi
dc.creator Risvindika, Disty Rafie
dc.creator Nugrahawati, Eni Nuraeni
dc.creator Dwarawati, Dinda
dc.date 2020-08-26
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:37:27Z
dc.date.available 2021-03-15T03:37:27Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/24466
dc.identifier 10.29313/.v6i2.24466
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28559
dc.description Abstract. The volume of online shopping transactions increased by 1.5 and 77% of internet users in Indonesia use the internet to find product information and online shopping. Online shopping is a solution when you want to buy something but unable to leave the house. By opening a cellphone, you can buy everythings  with easy payments and trigger impulsive buying behavior, so that when making purchases comes pleasure. Loneliness is the feeling of someone who does not have a close relationship with those around. Social media can be used to reduce loneliness, one of which is an online shopping application that can make someone feel good to be impulsive buying. The purpose of this study is to determine how much influence loneliness has on impulsive buying. The method used is the causality method with 386 students of the Islamic University of Bandung as subjects. The measuring instrument used is the UCLA Loneliness Scale adapted by Mulia Dwi Ariani (2019) and impulsive buying adapted by Herabadi (2003). Using a simple regression test analysis and getting the results F = 0.879 with p = 0.349 (p> 0.05), so there is no influence between loneliness on impulsive buying online shopping and obtained Rsquare 0.2% means that loneliness variable does not affect the emergence of impulsive buying.Keywords : loneliness, online impulsive buying, college studentAbstrak. Volume transaksi belanja online meningkat sebesar 1,5% dan di Indonesia sebanyak 77% menggunakan internet untuk mencari informasi produk dan belanja online. Belanja online merupakan solusi saat ingin membeli sesuatu tapi tidak dapat keluar rumah. Dengan membuka handphone dapat membeli barang secara online dengan pembayaran yang mudah dan memicu perilaku impulsive buying, sehingga saat melakukan pembelian muncul kesenangan.  Kesepian adalah perasaan seseorang yang tidak memiliki hubungan yang erat dengan sekitar. Media sosial dapat digunakan untuk mengurangi kesepian, yaitu salah satunya adalah aplikasi belanja online yang dapat membuat seseorang menjadi impulsive buying. Tujuan penelitian ini mengetahui seberapa besar pengaruh loneliness terhadap impulsive buying. Metode yang digunakan yaitu metode kausalitas dengan subjek 386 mahasiswa Universitas Islam Bandung. Alat ukur yang digunakan yaitu UCLA Loneliness Scale yang diadaptasi Mulia Dwi Ariani (2019) dan impulsive buying yang diadaptasi Herabadi (2003). Menggunakan analisis uji regresi sederhana dan mendapatkan hasil F=0.879 dengan p =0.349 (p>0.05), sehingga tidak ada pengaruh antara loneliness terhadap impulsive buying belanja online dan diperoleh Rsquare 0,2% artinya loneliness variablel yang tidak mempengaruhi munculnya impulsive buying.Kata Kunci : loneliness, online impulsive buying, mahasiswa.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/24466/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 6, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2020); 753-758
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 6, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2020); 753-758
dc.source 2460-6448
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Psikologi
dc.subject loneliness, online impulsive buying, mahasiswa
dc.title Pengaruh Loneliness terhadap Online Impulsive Buying pada Mahasiswa Universitas Islam Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account