Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Implementasi Pendidikan Karakter dengan Konsep Diri di SD Plus Al-Ghifari

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Psikologi
dc.creator Subroto, Muhamad Fadlilah Panji
dc.creator Sartika, Dewi
dc.creator Nuraini, Nanan
dc.date 2021-01-25
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:37:39Z
dc.date.available 2021-03-15T03:37:39Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/26896
dc.identifier 10.29313/.v7i1.26896
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28562
dc.description Abstract. Character education is a deliberate effort to help someone so that he can understand, pay attention to, and practice ethical values, so that understanding and implementing character education can influence students' self-concepts. Besides that, self-concept is a person's description of himself. This research was conducted to determine the relationship between the implementation of character education and self-concept in grade V and VI SD Plus Al-Ghifari Bandung City. This study aims to examine the effect and significance of the relationship between the implementation of character education and self-concept in grade V and VI SD Plus Al-Ghifari in Bandung, which was conducted on 170 respondents. This study uses a measuring tool for the implementation of character education from Febrian Nur Al Fajri and self-concept from Muhammad Abdul Aziz Robbani. This research data processing using the Spearman rank analysis technique. The results of this study indicate that the implementation of character education with self-concept has a significant positive relationship with 0.000, which means less than 0.05 and an r value of 0.798.Keywords : Character Education, Self-Concept, Student.Abstrak. Pendidikan karakter merupakan suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika, sehingga dengan memahami dan menerapkan pendidikan karakter dapat mempengaruhi konsep diri siswa. selain itu konsep diri merupakan gambaran seseorang mengenai dirinya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan natara implementasi pendidikan karakter dengan konsep diri pada siswa kelas V-VI SD Plus Al-Ghifari Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keeratan dan signifikansi hubungan dari implementasi pendidikan karakter dengan konsep diri pada siswa kelas V-VI SD Plus Al-Ghifari Kota Bandung dan dilakukan pada 170 responden. Penelitian ini menggunakan alat ukur implementasi pendidikan karakter dari Febrian Nur Al Fajri dan konsep diri dari Muhammad Abdul Aziz Robbani. Analisis data penelitian ini menggunakan Teknik analisis rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Pendidikan karakter dengan konsep diri memiliki hubungan positif yang signifikan dengan 0.000 yang berarti lebih kecil dari 0.05 dan dengan nilai r sebesar 0.798Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Konsep Diri, Siswa.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/26896/pdf
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 7, No 1, Prosiding Psikologi (Februari,2021); 140-144
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 7, No 1, Prosiding Psikologi (Februari,2021); 140-144
dc.source 2460-6448
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Psikologi
dc.subject Pendidikan Karakter, Konsep Diri, Siswa
dc.title Hubungan Implementasi Pendidikan Karakter dengan Konsep Diri di SD Plus Al-Ghifari
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account