Universitas Islam Bandung Repository

Identifikasi Faktor-Faktor Kepuasan Wisatawan Menggunakan Partial Least Square

Show simple item record

dc.contributor Teknik
dc.creator Ismaniar, Nick Rafidah
dc.creator Ekasari, Astri Mutia
dc.date 2021-01-22
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:47:17Z
dc.date.available 2021-03-15T03:47:17Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/PWK/article/view/25790
dc.identifier 10.29313/pwk.v7i1.25790
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28928
dc.description Abstract. Management of historical tourism objects and the palace is not yet optimal, it can be seen differences in tourist attraction management system such as guide service providers, ticketing and tourist visit database. Revitalization only found in Kasepuhan Palace (Agustina,2013) while at other palaces there are no revitalization efforts. Acces to the Kanoman and Kaprabonan palace located in market activities, it difficult for large vehicles to acces. Therefore, this can affect tourists and will give negative perception so that tourists get a bad experience and will reduce interest in tourist visits. The purpose of this research is to identify factors tourism in terms of attractions, amenities, accessibility, ancillary and quality service from historical tours and palaces that are most influential for tourist satisfaction and can be consired as an evaluation material in the future to improve tourism quality. The methode used in this research is quantitative descriptive statistics with SEM modeling techniques assisted Smart PLS software and qualitative approach. The results of ths study model showed that the most influential component factors is the amenities and quality services and the results of research tourist feel satisfied overall with the services served. This study is used to determine the tourism factors which are expected to helps in consideration of stakeholders to develop the concept of historical and cultural tourism.Keywords: Tourist Satisfaction, SEM-PLS, Historical and Palace TourismAbstrak. Pengelolaan objek wisata sejarah dan keraton belum maksimal dapat dilihat pada perbedaan sistem pengelolaan objek wisata keraton yang digunakan seperti pada penyedia layanan guide, ticketing dan data base pendataan kunjungan wisatawan secara keseluruhan. Upaya revitalisasi hanya terdapat pada Keraton Kasepuhan (Agustina, 2013). sedangkan pada keraton lainnya tidak terdapat upaya revitalisasi. Akses pada Keraton Kanoman dan Keraton Kaprabonan lokasinya berada pada kegiatan pasar, sehingga untuk mengunjungi keraton tersebut cukup sulit untuk kendaraan besar. Oleh karena itu hal tersebut dapat mempengaruhi wisatawan dalam berwisata dan dikhawatirkan menjadi persepsi negatif sehingga wisatawan mendapatkan pengalaman yang buruk dan akan mengurangi minat kunjungan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komponen pariwisata dari segi atraksi, amenitas, aksesibilitas, ancilary dan quality service wisata sejarah dan keraton yang paling berpengaruh untuk kepuasan wisatawan dan dapat dipertimbangkan sebagai bahan evaluasi kedepannya untuk meningkatkan kualitas objek wisata. Metode yang digunakan yaitu statistik deskriptif kuantitatif dengan teknik pemodelan SEM dibantu software SmartPLS dan pendekatan kualitattif. Dari hasil model kajian penelitian menunjukkan komponen pariwisata yang paling berpengaruh yaitu dari segi amenitas dan quality service. Hasil penelitian wisatawan merasa puas dengan keseluruhan pelayanan yang disajikan pada tiap objek wisata. Kajian ini digunakan untuk mengetahui komponen pariwisata berpengaruh penting yang kemudian diharapkan dapat membantu sebagai pertimbangan bagi pemangku kepentingan dalam mengembangkan konsep pariwisata sejarah dan budaya.Kata Kunci: Kepuasan Wisatawan, SEM-PLS, Wisata Sejarah dan Keraton
dc.language id
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/PWK/article/downloadSuppFile/25790/4938
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Perencanaan Wilayah dan Kota
dc.source Prosiding Perencanaan Wilayah dan Kota; Vol 7, No 1, Prosiding Perencanaan Wilayah dan Kota (Februari,2021)
dc.source Prosiding Perencanaan Wilayah dan Kota; Vol 7, No 1, Prosiding Perencanaan Wilayah dan Kota (Februari,2021)
dc.source 2460-6480
dc.source 10.29313/pwk.v7i1
dc.subject Perencanaan Wilayah dan Kota
dc.subject Kepuasan Wisatawan, SEM-PLS, Wisata Sejarah dan Keraton
dc.title Identifikasi Faktor-Faktor Kepuasan Wisatawan Menggunakan Partial Least Square
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account