Universitas Islam Bandung Repository

Kegiatan Komunikasi Manajemen Public Relations dalam Memperkenalkan Ikon Tempat Wisata

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Fahira, Alvireza Diva
dc.creator Drajat, M. Subur
dc.date 2021-01-24
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:53:12Z
dc.date.available 2021-03-15T03:53:12Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/26639
dc.identifier 10.29313/.v7i1.26639
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29202
dc.description Abstrack : The role of public relations management has helped in accelerating the dissemination of information on beautiful and different tourist attractions for both domestic and foreign tourists. Coupled with today's increasingly sophisticated technological developments making the dissemination of information more accessible to the public, one of which is Instagram social media. The social media Instagram has now become part of the community in various circles because in searching for information in the form of news, tourist attractions, etc. it is available on Instagram. Making it a tourist place for Kiara Artha Park to take advantage of Instagram's presence as a forum for disseminating information. One of the public relations management activities carried out by Kiara Artha Park in introducing the Dancing Fountain event as an icon of tourist attractions in the City of Bandung using the social networking media Instagram @kiaarthapark. The purpose of this research is to find out the communication of public relations management @kiaraarthapark in introducing the Dancing Fountain, what obstacles have been traversed and why Kiara Artha Park uses Instagram social media in introducing Dancing Fountain. To make it easier to understand the research, the references used in this study are: communication, public relations, public relations management, digital public relations, technology determination theory. The research method used in this research is a qualitative method with the Robert K. Yin case study approach. Data collection techniques include: interviews, observation, and literature study. Data analysis techniques include: reduction, data presentation, drawing conclusions or verification. Meanwhile, the data validity test included source triangulation, data form triangulation, and data collection technique triangulation. Based on the results of this study, it can be concluded that the management of messages on the @kiaraarthapark account provides up-to-date, educational, informative information and designs each content to be uploaded so that it is characteristic and not boring to followers. As well as in dealing with the problem of unfavorable comments on the @kiaraarthapark account, they immediately clarified by providing an answer using the word "thank you" and the hambata that occurs on the account will be evaluated immediately. Then the reason why Kiara Artha Park uses Instagram is because it follows the times and Instagram is one of the social media that is very popular with people today.Keywords: Public Relations Management, @kiaraarthapark, Tourist Attractions.Abstrak: Peran manajemen public relations telah membantu dalam mempercepat penyebaran informasi tempat wisata yang indah dan berbeda bagi para wisatawan domistik maupun asing. Ditambah dengan perkembangan teknologi di jaman sekarang yang semakin canggih menjadikan penyebaran informasi semakin mudah dijangkau oleh masyarakat, salah satunya yaitu media sosial Instagram. Media sosial Instagram kini sudah menjadi bagian dari masyarakat di berbagai kalangan karena dalam mencari hal pencarian informasi baik berupa berita, tempat wisata, dll tersedia dalam Instagram. Menjadikan sebuah tempat wisata Kiara Artha Park  memanfaatkan kehadiran Instagram sebagai wadah dalam penyebaran informasi. Salah satu kegiatan manajemen public relations yang dilakukan oleh Kiara Artha Park dalam memperkenalkan acara Dancing Fountain sebagai Ikon tempat wisata di Kota Bandung dengan menggunakan media jejaring sosial instagram @kiaarthapark. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui komunikasi manajemen public relations @kiaraarthapark dalam memperkenalkan Dancing Fountain, hambatan apa saja yang dilalui serta mengapa Kiara Artha Park menggunakan media sosial instagram dalam memperkenalkan Dancing Fountain. Untuk memudahkan memahami penelitian maka referensi yang dijadikan landasan dalam penelitian ini adalah : komunikasi, public relations, manajemen public relations, digital public relations, teori determinasi teknologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif  dengan pendekatan  studi kasus Robert K. Yin. Teknik pengumpulan data berupa : wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data berupa : reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sementara uji keabsahan data berupa : triangulasi sumber, triangulasi bentuk data, serta triangulasi teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pengelolaan pesan di akun @kiaraarthapark memberikan informasi yang up to date, edukatif, informatif serta mendesain setiap konten yang akan di upload agar menjadi ciri khas dan tidak membosankan followers. Serta dalam menangani hambatan komentar kurang baik di akun @kiaraarthapark pihak mereka segera mengklarifikasi dengan memberikan jawaban menggunakan kata “terimakasih”dan hambata yang terjadi pada akun akan segera di evaluasi. Lalu alasan mengapa Kiara Artha Park menggunakan Instagram karena mengikuti jaman dan Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat diminati oleh masyarakat saat ini. Kata Kunci: Manajemen Public Relations, @kiaraarthapark, Tempat Wisata.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/26639/pdf
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 7, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2021); 259-262
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 7, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2021); 259-262
dc.source 2460-6510
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Manajemen Public Relations, @kiaraarthapark, Tempat Wisata.
dc.title Kegiatan Komunikasi Manajemen Public Relations dalam Memperkenalkan Ikon Tempat Wisata
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account