Universitas Islam Bandung Repository

Faktor-Faktor Yang Menentukan Preferensi Muzakki Dan Donatur dalam Membayar Zakat, Infak, dan Sedekah melalui ZIS Digital di Kota Bandung Dengan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ekonomi dan Bisnis
dc.creator Widuri, Andi Fika
dc.creator Rahmi, Dewi
dc.creator Riani, Westi
dc.date 2020-08-19
dc.date.accessioned 2021-03-15T04:06:55Z
dc.date.available 2021-03-15T04:06:55Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/22548
dc.identifier 10.29313/.v6i2.22548
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29566
dc.description Abstract. Entering the technological era, BAZNAS and LAZ made a digital device called ZIS Digital to simplify the ZIS fund payment method, which is only by using a cellphone or other gadget that has internet access. Digital ZIS was created to achieve the true potential of ZIS collection and currently, the collection of ZIS in 2019 in the city of Bandung has exceeded the true potential of ZIS which is Rp. 160 Billion. The purpose of this study is to identify the dominant factors and factors that determine the preferences of muzak and donors in choosing and using digital ZIS in Bandung. This type of research is quantitative descriptive with measurement preferences using the framework of the Technology Acceptance Model (TAM), then testing the validity and reliability. The research method used was a survey method by distributing questionnaires in the form of Google Form. The sampling technique uses a purposive sampling method of 100 muzak and donors who are digital ZIS users in the city of Bandung. Based on the results of questionnaire data processing, the conclusion is that the factors that can determine the preferences of muzak and donors in choosing digital ZIS are perceived ease of use and perceived usefulness. Meanwhile, the weighting results show that the two factors that have higher weighting are perceived usefulness factors with an average score of 458.3 supported by indicators of improving user performance, indicators addressing needs, and indicators simplifying the work process. That is, the dominant factor determining consumer preference for digital ZIS is perceived usefulness.Keywords: Preference, Technology Acceptance Model (TAM), Digital ZIS.Abstrak. Memasuki era teknologi, BAZNAS dan LAZ membuat sebuah perangkat digital bernama ZIS digital untuk mempermudah metode pembayaran dana ZIS, yakni hanya dengan menggunakan hanphone atau gadget lainnya yang memiliki akses internet. ZIS digital dibuat untuk mencapai potensi sesungguhnya dari penghimpunan ZIS dan saat ini penghimpunan ZIS tahun 2019 di Kota Bandung telah melebihi potensi ZIS yang sesungguhnya yakni Rp160 Miliar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor dominan serta faktor yang menentukan preferensi muzakki dan donatur dalam memilih dan menggunakan ZIS digital di Kota Bandung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pengukuran preferensi menggunakan kerangka dari Technology Acceptance Model (TAM), selanjutnya melakukan pengujian uji validitas dan reliabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan penyebaran kuisioner berupa Google Form. Teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 100 muzakki dan donatur yang merupakan pengguna ZIS digital di Kota Bandung. Berdasarkan hasil pengolahan data kuisioner, maka diperoleh kesimpulan yaitu faktor-faktor yang dapat menentukan preferensi muzakki dan donatur dalam memilih ZIS digital ialah perceived ease of use (persepsi kemudahan penggunaan teknologi) dan perceived usefulness (persepsi kegunaan teknologi). Sementara itu dilihat dari hasil pembobotan bahwa dari kedua faktor tersebut yang memiliki bobot lebih tinggi adalah faktor perceived usefulness dengan rata-rata skor 458,3 yang didukung oleh indikator peningkatan performa kinerja pengguna, indikator menjawab kebutuhan, dan indikator menyederhanakan proses kerja. Artinya, faktor dominan yang menentukan prefernsi konsumen terhadap ZIS digital adalah perceived usefulness.Kata Kunci: Preferensi, Technology Acceptance Model, ZIS digital
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/22548/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Ilmu Ekonomi
dc.source Prosiding Ilmu Ekonomi; Vol 6, No 2, Prosiding Ilmu Ekonomi (Agustus, 2020); 115-122
dc.source Prosiding Ilmu Ekonomi; Vol 6, No 2, Prosiding Ilmu Ekonomi (Agustus, 2020); 115-122
dc.source 2460-6553
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Preferensi, Technology Acceptance Model, ZIS digital
dc.title Faktor-Faktor Yang Menentukan Preferensi Muzakki Dan Donatur dalam Membayar Zakat, Infak, dan Sedekah melalui ZIS Digital di Kota Bandung Dengan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account