Universitas Islam Bandung Repository

Komunikasi Pemasaran Listrik Prabayar di PLN Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Sampouw, Dodi John
dc.date.accessioned 2016-02-18T07:53:12Z
dc.date.available 2016-02-18T07:53:12Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3037
dc.description.abstract PLN sebagai salah satu BUMN yang besar di Indonesia yang bergerak dalam bidang penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat umum tentunya memiliki keinginan membentuk reputasi perusahaan yang baik di mata pelanggannya. Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan suatu pelayanan yang baik dan sesuai dengan perkembangan era teknologi informasi, PLN mengembangkan suatu produk layanan berbasis teknologi informasi yang disebut dengan Listrik Prabayar. Program listrik prabayar yang dilakukan oleh PLN belum berjalan dengan optimal. Hal ini penting untuk diketahui karena perusahaan telah mengerahkan sumberdaya untuk mengembangkan produk dan mengkomunikasikan produk tersebut kepada masyarakat. Penurunan keluhan masyarakat dan peningkatan kualitas pelayanan diharapkan tercapai dengan penerapan Listrik Prabayar. Selain itu terdapat keuntungan bagi perusahaan yaitu penurunan biaya operasional melalui penyederhanaan proses bisnis dan mempercepat arus kas. Tujuan Penelitian untuk mengetahui publikasi website listrik prabayar yang dilakukan PT PLN Asia Afrika, mengetahui iklan listrik prabayar di TV yang dilakukan PT PLN Asia Afrika, mengetahui pameran pemasaran listrik prabayar yang dilakukan PT PLN Asia Afrika, mengetahui personal selling listrik prabayar yang dilakukan PT PLN Asia Afrika. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Di mana dalam pengumpulan data, peneliti harus menemukan fakta-fakta di lapangan, menganalisa data yang dilakukan sejak peneliti menyusun proposal sampai mendapatkan seluruh data, selanjutnya mendeskripsikan berbagai hasil temuan yang terjaring dalam instrumen penelitian tanpa melakukan pengujian hipotesis. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu website PLN kota Bandung tampilan didominasi warna hitam putih, informasi berupa beranda, produk, pelanggan, info unit, profil dan pengunjung website berjumlah375. Untuk iklan TV terdiri dari talk show berdurasi selama 1 jam di stasiun lokal, hadir dalam bentuk running text. Untuk pameran meliputi pelayanan pasang baru, tambah daya, dan gathering konsumen. Sedangkan untuk personal selling meliputi sarling pemasaran keliling dan dilakukan setiap enam bulan sekali. en_US
dc.description.sponsorship Dede Lilis Ch., S.Sos., M.Si. en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Komunikasi (UNISBA) en_US
dc.subject Komunikasi Pemasaran, Listrik Prabayar, PLN Kota Bandung en_US
dc.title Komunikasi Pemasaran Listrik Prabayar di PLN Kota Bandung en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account