Abstract:
Keberhasilan suatu perusahaan ditentukan oleh kemampuan manajemen
perusahaan itu dalam memanfaatkan peluang yang terdapat di masyarakat dan
mengelola bauran pemasaran dari kegiatan promosi yang ada. Dalam perusahaan
showroom menjual produk mobil bekas berupa: Produk, harga, promosi,
distribusi/tempat, merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dan
mendorong seorang konsumen untuk mengkonsumsi jasa yang ditawarkan.
Sehingga dengan adanya kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan seperti
showroom menjual produk mobil bekas akan menciptakan tanggapan penting dari
setiap konsumennya. Dalam menentukan konsumen, yang dihitung bukanlah
jumlah mayoritasnya namun mayoritas yang efektif. Mayoritas yang efektif ini
merupakan kalangan konsumen sebagai pengunjung pada bursa mobil di otobursa
mobil bekas TVRI Bandung yang datang ke tempat itu sendiri. Tujuan penelitian
yaitu untuk mengetahui approach, presentation and demonstration, handling objections,
dan untuk mengetahui closing dari sales showroom mobil Vans Motor menurut calon
konsumen bursa pameran Otobursa Mobil Bekas di TVRI Bandung. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode deskriptif, Pengumpulan data dilakukan dengan
cara menyebarkan angket kepada 67 responden sebagai sampel. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random
sampling. Ukuran Sampel didapat dengan menggunakan Rumus Slovin.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan promosi
showroom mobil Vans Motor dari personal selling kepada calon konsumen bursa
pameran otobursa mobil bekas di TVRI Bandung adalah baik. Adapun aspek
personal selling yang ditelitinya meliputi approach, presentation and
Demonstration, Handling Objections, and Closing