Universitas Islam Bandung Repository

Tinjauan Jual Beli Dalam Islam Terhadap Jual Beli Di Marketplace Lazada (Studi Kasus Pada Online Shop Fayolastore)

Show simple item record

dc.contributor.author Maelani, Deby
dc.date.accessioned 2023-01-05T07:27:31Z
dc.date.available 2023-01-05T07:27:31Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/30698
dc.description.abstract Lazada adalah salah satu marketplace yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia yang melayani jual beli retail. Fayolastore yang merupakan salah satu online shop yang menggunakan marketplace Lazada untuk berjualan dan memasarkan produknya, sudah berdiri sejak tahun 2017. Owner Fayolastore saat mulai menggunakan marketplace menggunakan jasa iklan tak berbayar, yang disediakan oleh Lazada, yaitu dengan cara owner berpura-pura dengan membeli produknya sendiri dengan menggunakan akun lain, dan dikirim ke tempat pembeli (keluarga) tanpa membelinya, untuk memberikan rating dan menaikkan produk yang pasarkan lewat marketplace tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tinjauan jual beli dalam Islam terhadap praktik jual beli najasy, untuk menjelaskan praktik jual beli yang dilakuakan oleh online shop Fayolastore pada marketplace Lazada, untuk menjelaskan tinjauan jual beli dalam Islam mengenai jual beli yang dilakukan oleh online shop Fayolastore pada marketplace Lazada. Penelitian menggunakan model metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah suatu rancangan dimana di dalamnya peneliti dapat menegosiasi hasil penelitian. Islam memiliki tiga bentuk rekayasa pasar (market) yaitu: rekayasa penawaran (ikhtikar), rekayasa permintaan (ba‟i najasy), dan penipuan (tadlis). Para ulama sepakat, bahwa apabila orang menawar atau menaikkan harga komoditi lebih tinggi (al-najasy) melebihi harga normal, hukumnya haram. Proses pemasaran yang dilakukan oleh Fayolastore secara online melanggar ketentuan jual beli dalam Islam, pemasaran dan menaikkan rating untuk menumbuhkan tingkat kepercayaan konsumen, dimana terjadinya jual beli najasy yang dilakukan olehnya untuk meningkatkan rating pada tokonya di Lazada. Akan tetapi praktik jual beli yang dilakukan oleh Fayolastore sudah memenuhi rukun dan syarat jual beli secara jual beli dalam Islam. en_US
dc.publisher Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Lazada, Ba’i Najasy, Fayolastore en_US
dc.title Tinjauan Jual Beli Dalam Islam Terhadap Jual Beli Di Marketplace Lazada (Studi Kasus Pada Online Shop Fayolastore) en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account