Abstract:
Teman Halal merupakan salah satu komunitas yang fokus membahas
beragam hal terkait dengan isu halal haram suatu produk, baik dari sudut pandang
ilmiah maupun isu-isu beredar terkini, Produk halal sendiri menjadi kebutuhan
yang penting bagi setiap konsumen. Sector halal apapun baik berupa makanan,
minuman, kosmetik, obat-obatan, hingga keuangan mulai mendapatkan tempat
tersendiri. Namun, di lapangan masih terdapat anggota yang belum menggunakan
produk halal. Rumusan masalah : Bagaimana perilaku konsumsi dalam Islam,
bagaimna perilaku konsumsi komunitas teman halal Bandung dalam pembelian
produk halal, bagaimana analisis perilaku konsumsi Islam terhadap perilaku
konsumsi komunitas Teman halal Bandung. Tujuan mengetahui perilaku
konsumsi Komunitas Teman Halal Bandung terhadap pembelian produk halal dan
untuk menganalisis perilaku konsumsi Islam terhadap pembelian produk halal
pada Komunitas Teman Halal Bandung. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan.
Pengumpulan data yang digunakan melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan
studi Pustaka.Hasil penelitianya adalah, perilaku konsumsi dalam Islam harus
berlandaskan pada 5 prinsip konsumsi dalam Islam yaitu prinsip keadilan, prinsip
kebersihan, prinsip kesederhanaan, prinsip kemurahan hati, dan prinsip moralitas.
Namun dari hasil observasi kesadaran Anggota Komunitas Teman Halal Bandung
hanya menerapkan prinsip keadilan dan prinsip moralitas.